PENGARUH GAYA HIDUP DAN KOMUNIKASI SOSIAL MEDIA TERHADAP KEBUTUHAN KONVERGENSI MEDIA DAN DAMPAK PADA MINAT PEMIRSA MGNEWS

WATY, Vivi Fadjar and INDRIANI, Farida,(16 July 2021), PENGARUH GAYA HIDUP DAN KOMUNIKASI SOSIAL MEDIA TERHADAP KEBUTUHAN KONVERGENSI MEDIA DAN DAMPAK PADA MINAT PEMIRSA MGNEWS. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Fenomena yang dalam penelitian ini adalah saat ini gap antara konsumsi new media yaitu adanya kebutuhan dari konsumen untuk penyediaan berbagai media untuk pemenuhan kebutuhan konsumen yang semakin meluas, dimana dengan kemajuan teknologi maka konsumen membutuhkan media yang semakin bervariasi. Hal ini merupakan peluang bagi media konvensional untuk dapat mempertahankan posisinya di mata konsumen, yaitu dengan mengintegrasikan layanan media yang dimilikinya dalam suatu konvergensi media yang tepat sehingga bisnis media akan berevolusi akan berevolusi kearah bisnis media yang lebih luas. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh gaya hidup dan social media communication terhadap media convergence needs dan minat konsumen untuk mengkonsumsi layanan MGNews.Populasi penelitian ini adalah seluruh konsumen atau pemirsa MGNews. Sampel diambil dengan purposive sampling, yaitu pemirsa MGNews yang mengkonsumsi berita di MGNews setiap hari, menggunakan gadget untuk melihat berita secara mobile serta melakukan work from home sejumlah 164 orang. Metode analisis data menggunakan structural equation modelling.Berdasarkan hasil penelitian, gaya hidup dan social media communication berpengaruh positif terhadap media convergence needs. Gaya hidup dan social media communication tidak berpengaruh terhadap minat menggunakan layanan MGNews sedangkan media convergence needs berpengaruh positif terhadap minat menggunakan layanan MGNews. Untuk meningkatkan minat pemirsa MGNews untuk mendapatkan informasi tertentu, MGNews perlu memperkuat media convergence needs yang dimilikinya seperti berita, entertainment, sport, berita pendidikan. Peningkatan media convergence needs ini dapat dilakukan dengan menyesuaikan gaya hidup pemirsa dengan mengintegrasikan layanan penyediaan informasi yang dimiliki oleh perusahaan ke dalam berbagai platform media yang dapat dinikmati oleh berbagai segmen konsumen yang luas.
Keywords : lifestyle, social media communication, media convergence needs, cunsomer intetion, gaya hidup, social media communication, media convergence needs, minat konsumen
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Vivi Fadjarwati
Date Deposited: 26 Aug 2021 02:33
Last Modified: 26 Aug 2021 02:37
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/9079

Actions (login required)

View Item
View Item