SETIABUDI, Cynthia and SOESANTO, Harry and SUTOPO, Sutopo,(August 2009), STUDI TENTANG KEPERCAYAAN PELANGGAN DALAM MENINGKATKAN KESETIAAN PELANGGAN DI APOTEK PONTJOL SEMARANG. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (63kB)
Download (63kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (96kB)
Download (96kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (83kB)
Download (83kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (91kB)
Download (91kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (100kB)
Download (100kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (4MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (4MB) | Request a copy
Abstract
Bisnis apotek mengalami perkembangan yang pesat dalam satu dekade
terakhir ini, mengingat orang selalu membutuhkan apotek untuk menunjang
kesehatan mereka. Hal ini menyebabkan persaingan di dalam bisnis apotek akan
semakin ketat, di mana masing-masing apotek berlomba memberikan pelayanan
terbaik bagi pelanggannya. Pelanggan sekarang juga semakin kritis terhadap
pelayanan yang mereka dapatkan. Dengan semakin banyaknya pilihan, mereka
juga semakin leluasa untuk menentukan apotek yang memberikan pelayanan
terbaik untuk mereka. Demikian pula yang terjadi pada Apotek Pontjol, di mana
banyak pelanggan yang pindah ke apotek lain. Hal ini disebabkan terjadinya
penurunan kepercayaan pelanggan yang menyebabkan terjadinya juga penurunan
kesetiaan pelanggan.
Dari permasalahan di ataslah yang mendasari dilakukannya penelitian ini,
yaitu untuk mengetahui faktor-faktor apakah yang dapat mempengaruhi
kepercayaan pelanggan yang nantinya dapat mempengaruhi kesetiaan mereka
terhadap suatu penyedia jasa layanan apotek. Dalam penelitian ini dikembangkan
suatu model teoritis dengan mengajukan tiga buah hipotesis yang akan diuji
dengan menggunakan metode Structural Equation Model (SEM) dengan
menggunakan bantuan software AMOS. Responden yang digunakan dalam
penelitian ini diambil dari pelanggan Apotek Pontjol yang berjumlah 109
responden.
Hasil dari pengolahan data SEM telah memenuhi kriteria goodness of fit, di
mana nilai chi square = 129,204; Probability = 0,173; GFI = 0,886; AGFI = 0,849;
TLI = 0,986; CFI = 0,988; CMIN/DF = 1,124; RMSEA = 0,034. Dengan
demikian dapat dikatakan bahwa model ini layak untuk digunakan. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan pelanggan dapat ditingkatkan dengan
meningkatkan kualitas pelayanan dan persepsi pelanggan. Selanjutnya
kepercayaan pelanggan yang semakin tinggi akan meningkatkan kesetiaan
pelanggan.
Keywords : | Keywords : service quality, perceived customer, customer trust, and customer loyalty, Kata kunci : kualitas pelayanan, persepsi pelanggan, kepercayaan pelanggan, dan kesetiaan pelanggan |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Handri Herawati |
Date Deposited: | 13 Sep 2021 05:22 |
Last Modified: | 13 Sep 2021 05:22 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/9186 |