HENDIARTI, Dini and FERDINAND, Augusty Tae and INDRIANI, Farida,(3 September 2009), STUDI MENGENAI EFEKTIFITAS IKLAN TERHADAP CITRA MEREK UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELI (STUDI PADA PELANGGAN DAN CALON PELANGGAN MASKAPAI GARUDA INDONESIA). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (164kB)
Download (164kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (156kB)
Download (156kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (155kB)
Download (155kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (166kB)
Download (166kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (450kB)
Download (450kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Pemberian informasi yang dilakukan melalui iklan dapat merebut dan
mempertahankan pangsa pasar dalam kondisi persaingan yang kompetitif seperti saat
ini. maka iklannya harus dibuat seefektif mungkin, kreatif, menarik agar merek
produk atau jasa dapat diterima oleh masyarakat. Hal ini diterapkan pada iklan
maskapai Garuda Indonesia yang menunjukan adanya masalah efektifitas dalam
periklanan yang dilakukan Garuda Indonesia karena ternyata lebih banyak orang yang
lebih ingat iklannya dibandingkan mereknya. Selain itu adanya ketimpangan pada
minat beli bagi masyarakat Indonesia, bahwa masyarakat masih memilih
menggunakan maskapai selain Garuda Indonesia meskipun masyarakat tetap
beranggapan bahwa maskapai Garuda Indonesia tetap maskapai yang terbaik.
Model penelitian ini menggunakan enam hipotesis yaitu semakin tinggi
kreatifitas iklan maka semakin tinggi efektifitas iklan, semakin tinggi kreatifitas iklan
maka semakin tinggi daya tarik iklan, semakin tinggi daya tarik iklan maka semakin
tinggi efektifitas iklan, semakin tinggi efektifitas iklan maka semakin tinggi citra
merek, semakin tinggi efektifitas iklan maka semakin tinggi minat beli, semakin
tinggi citra merek maka semakin tinggi minat beli.
Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah non
probability sampling yaitu metode purposive sampling, dimana sampel dipilih dengan
syarat-syarat yang dipandang memiliki ciri-ciri esensial yang relevan dengan
penelitian. Responden yang digunakan sebanyak 110 responden yaitu pelanggan dan
calon pelanggan Maskapai Garuda Indonesia. Teknik analisis data yang digunakan
adalah The Structural Equation Modeling (SEM) dari paket software AMOS 16.0
dalam model dan pengkajian hipotesis. Hasil analisis data tersebut akan menjelaskan
hubungan kausalitas antara variabel yang sedang dikembangkan dalam model
penelitian ini. Model yang diajukan dapat diterima setelah asumsi-asumsi telah
terpenuhi yaitu normalitas dan Standardized Residual Covariance < + 2,58.
Sementara nilai Determinant of Covariance Matrixnya 351.871,732.
Model pengukuran eksogen dan endogen telah diuji dengan menggunakan analisis
konfirmatori. Selanjutnya model pengukuran tersebut dianalisis dengan Structural Equation
Model (SEM) untuk model pengujian hubungan kausalitas antar variabel-variabel yang
mempengaruhi dan dipengaruhi oleh kreatifitas iklan, daya tarik iklan, efektifitas iklan, citra
merek dan minat beli memenuhi kriteria Goodness of Fit yaitu chi square =205,723;
probability = 0,12; GFI = 0,856; AGFI = 0,818; CFI = 0,983; TLI = 0,981; RMSEA = 0,034;
CMIN/DF = 1,124. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa model tersebut
dapat diterima.
Keywords : | Keywords: Advertising Creativity, Advertising Appeals, Advertising Effectivity, Brand Image and Purchase Intention, Kata kunci : Kreatifitas iklan, Daya tarik iklan, Efektifitas iklan, Citra merek dan Minat beli. |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Handri Herawati |
Date Deposited: | 13 Sep 2021 06:30 |
Last Modified: | 13 Sep 2021 06:30 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/9187 |