WINARSIH, Winarsih and WIDIYANTO, Ibnu and DIRGANTARA, I Made Bayu,(10 September 2009), STUDI MENGENAI KEPUASAN KONSUMEN UNTUK MENINGKATKAN RETENSI KONSUMEN DI INSTALASI RAWAT INAP RSUD SUNAN KALIJAGA DEMAK. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (11kB)
Download (11kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (11kB)
Download (11kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (215kB)
Download (215kB)
Text (Daftar isi)
- Published Version
Download (146kB)
Download (146kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (166kB)
Download (166kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Rumah sakit merupakan salah satu fasilitas pelayanan kesehatan yang sangat
dibutuhkan oleh masyarakat. Kualitas Layanan dan kepuasan konsumen merupakan
tujuan utama dalam organisasi modern. Tingkat kepentingan sebagai sektor publik,
terutama sebagai penyedia jasa layanan, mendorong para manajer untuk menempatkan
kualitas dan kepuasan pelanggan sebagai prioritas. Hal tersebut menimbulkan
pertanyaan “Bagaimana pentingnya kualitas layanan, citra rumah sakit, experiential
marketing dapat berpengaruh terhadap perusahaan dalam membangun kepuasan
konsumen dan meningkatkan retensi konsumen” sebagaimana yang ada khususnya di
RSUD Sunan Kalijaga Demak.
Model penelitian ini mengindikasikan eksistensi dari 4 (empat) hipotesis, antara
lain: “kualitas layanan berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen”, “citra rumah
sakit berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen”, “experiential marketing
berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen”, dan “kepuasan konsumen
berpengaruh positif terhadap retensi konsumen”.
Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan metode
purposive sampling yaitu teknik pengambilan sampel berdasarkan pertimbangan tertentu
yaitu pasien yang telah dirawat selama minimal tiga hari atau keluarga pasien yang telah
menunggui selama minimal satu hari. Jumlah responden yang ditentukan dalam
penelitian ini adalah 115 konsumen rawat inap RSUD Sunan Kalijaga Demak. Teknik
analisis yang dipakai untuk menginterpretasikan dan menganalisis data dalam penelitian
ini adalah dengan teknik Structural Equation Model (SEM) dengan software AMOS 16.
Model yang diajukan dapat diterima setelah asumsi-asumsi terpenuhi yaitu normalitas
dengan critical ratio multivariate < 2,58 dan Standardized Residual Covariance < 2,58.
Dengan Determinant of Covariance Matrix 18,877.
Model pengukuran eksogen dan endogen telah diuji dengan menggunakan
analisis konfirmatori. Selanjutnya model pengukuran tersebut dianalisis dengan
Structural Equation Model (SEM) untuk pengujian hubungan kausalitas antar variabel�variabel yang mempengaruhi dan dipengaruhi oleh kualitas layanan, citra rumah sakit,
experiential marketing, kepuasan konsumen dan retensi konsumen memenuhi kriteria
Goodness of Fit yaitu chi square =114,329; probability = 0,421; GFI = 0,899; AGFI =
0,861; TLI = 0,996; CFI = 0,997; CMIN/DF = 1,021; RMSEA = 0,014. Berdasarkan
hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa model tersebut dapat diterima.
Keywords : | Keywords: Service Quality, Hospital Image, Experiential Marketing, Customer Satisfaction ,and Customer Retention, Kata Kunci: Kualitas Layanan, Citra Rumah Sakit, Experiential Marketing, Kepuasan Konsumen dan Retensi Konsumen |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Handri Herawati |
Date Deposited: | 21 Sep 2021 06:13 |
Last Modified: | 21 Sep 2021 06:13 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/9248 |