HASNA, Kinanti Cahyani and FERDINAND, Augusty Tae,(23 September 2021), Pengaruh Aktivitas Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Niat Beli Konsumen dengan Citra Brand sebagai Variabel Mediasi (Studi pada Konsumen Produk Es Krim Aice). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (137kB)
Download (137kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (87kB)
Download (87kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (86kB)
Download (86kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (100kB)
Download (100kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (360kB)
Download (360kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Persepsi masyarakat terhadap suatu brand dapat menentukan kehidupan
brand tersebut. Persepsi masyarakat terhadap brand akan semakin memburuk
apabila melihat suatu perusahaan bertindak hal yang diluar hakikat atau tanggung
jawab yang seharusnya dilakukan. Hal ini terlihat dari sorotan masyarakat dan
media akan brand perusahaan yang menyalahi aturan dan tanggung jawab yang
berlaku. Perusahaan es krim Aice adalah salah satu perusahaan yang termasuk
memiliki citra baik di persepsi masyarakat dengan kegiatan CSR nya. Menjadi
sponsor salah satu acara olahraga terbesar di Asia, Aice membuka mata masyarakat
dengan aktivitas filantropi CSR nya. Masyarakat semakin mengenali produk es
krim Aice, sehingga mendorong keinginan masyarakat untuk membeli brand.
Tetapi, sekalipun didukung dari beberapa penelitian sebelumnya yang menyatakan
bahwa aktivitas CSR yang baik dari suatu brand akan meningkatkan niat beli
konsumen, terdapat pula penelitian yang bertolak belakang dengan pernyataan
tersebut. Berdasarkan fenomena dan kesenjangan yang ada, penelitian ini penting
dilakukan dengan tujuan untuk mengatasi kesenjangan antara aktivitas CSR dan
niat beli konsumen.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model konseptual mengenai
pengaruh aktivitas CSR terhadap niat beli konsumen, dengan citra brand dan
electronic word-of-mouth (eWOM) sebagai mediasi, dan self-congruity theory
sebagai teori acuan. Penelitian ini menetapkan Aice sebagai objek penelitian, dan
melibatkan 128 responden konsumen es krim Aice. Data yang didapat kemudian
diolah dan dianalisis dengan metode Structural Equation Modeling (SEM), dengan
menggunakan perangkat lunak alat analisis Analysis Moment of Structural
(AMOS).
Hasil penelitian menyatakan bahwa aktivitas CSR memiliki pengaruh yang
positif dan signifikan terhadap citra brand, dan hal yang sama juga berlaku pada
pengaruh dari citra brand ke eWOM, dan dari eWOM ke niat beli konsumen. Tetapi
ditemukan pula bahwa citra brand tidak berpengaruh ke niat beli konsumen. Oleh
karena itu, masih terdapat keterbatasan dari penelitian ini dan diharapkan dapat
menjadi saran bagi penelitian yang akan datang. Selain itu, penelitian ini juga dapat
menjadi pertimbangan sebagai pengembangan strategi pemasaran produk es krim
Aice dalam kegiatan aktivitas CSR yang dilakukan.
Keywords : | CSR Activities, Brand Image, Electronic Word-of-mouth, Purchase Intention, Self-congruity Theory, CSR Activities, Brand Image, Electronic Word-of-mouth, Purchase Intention, Self-congruity Theory |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Kinanti Cahyani Hasna |
Date Deposited: | 30 Sep 2021 02:26 |
Last Modified: | 30 Sep 2021 02:26 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/9320 |