PARAMITHA, Rany Aulia and SUTOPO, Sutopo and PAMUNGKAS, Oktavianus,(12 March 2010), ANALISIS FAKTOR KEPERCAYAAN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA PRODUK SPEEDY“ (PELANGGAN PRIME KANDATEL SEMARANG). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (105kB)
Download (105kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (9kB)
Download (9kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (128kB)
Download (128kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (143kB)
Download (143kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini mengangkat fenomena permasalahan yang terjadi di
Kandatel Semarang khusus pada pelanggan Prime. Perusahaan ini menyadari
bahwa tak hanya upaya penjualan saja yang ditingkatkan melainkan
meningkatkan performansi (layanan dan produk) guna mempertahankan
pelanggan yang ada. Tingkat cabutan pada produk Speedy tak dapat dihindari
dengan kondisi persaingan yang begitu ketat. Berdasarkan data, churn (berhenti
berlangganan) Speedy semakin meningkat dari bulan ke bulan, meskipun data
penjualan sudah cukup tinggi. Sehingga penambahan jumlah pemakai Speedy pun
tak signifikan. Angka cabutan ini menandakan tingkat loyalitas pelanggan prime
yang menurun (switching provider atau tak ada penggunaan ulang).
Model Penelitian ini mengajukan 4 (empat) hipotesis, yaitu costumer
perceived value berpengaruh posistif terhadap kepercayaan pelanggan (hipotesis
1),kepercayaan pada tenaga penjual berpengaruh positif terhadap kepercayaan
pelanggan (hipotesis 2), kepuasan hubungan pelanggan berpengaruh positif
terhadap kepercayaan pelanggan (hipotesis 3) dan kepercayaan pelanggan
berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan (hipotesis 4).
Teknik sampling menggunakan metode purposive sampling , yaitu
pemilihan sampel secara subjektif oleh peneliti karena peneliti memahami bahwa
informasi yang dibutuhkan dapat diambil dari kelompok tertentu (Ferdinand,
2006, p.231). Dengan menyebarkan kuesioner kepada 130 responden yaitu
pelanggan prime Datel Semarang. Teknik analisis data menggunakan SEM dari
software AMOS 16.
Pengukuran terhadap konstruk eksogen dan endogen diuji menggunakan
analisis konfirmatori dan uji kelayakan dengan SEM dimana nilai Goodness of fit
sebagai berikut nilai chi-square = 122,109 , nilai probability = 0,105 , nilai CMIN
= 1,673, GFI = 0,978, TLI = 0,956, CFI = 0,957 dan RMSEA =0,064.
CMIND/DF, RMSEA, GFI, TLI, AGFI, dan GFI berada rentang yang diharapkan.
Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa model yang diajukan
dapat diterima.Dan semua hipotesis yang diujikan pada penelitian ini diterima (H0
ditolak).
Keywords : | Key words: Customer perceived value, trust in sales person, customer relationship satisfaction, customer trust and customer loyalty, Kata kunci : Customer perceived value, kepercayaan pada tenaga penjual, kepuasan hubungan pelanggan, kepercayaan pelanggan dan loyalitas pelanggan. |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Handri Herawati |
Date Deposited: | 01 Nov 2021 05:03 |
Last Modified: | 01 Nov 2021 05:03 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/9487 |