AZIZ, Muh. Abdul and RAHARDJO, Susilo Toto,(March 2018), ANALISIS ORIENTASI STRATEGI UNTUK MENINGKATKAN INOVASI DAN KINERJA BISNIS (Studi Pada UKM Kasongan Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (3MB)
Download (3MB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (3MB)
Download (3MB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (3MB)
Download (3MB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (3MB)
Download (3MB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (3MB)
Download (3MB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Inovasi pada UKM (Usaha Kecil Menengah) kerajinan seni gerabah di Kasongan
Kabupaten Bantul tentu dapat meningkatkan dari segi kinerja bisnis UKM.
Penelitian dilakukan dengan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi
kinerja bisnis yaitu variabel orientasi pelanggan, variabel orientasi pesaing,
variabel orientasi teknologi dan variabel inovasi sebagai intervening. Berangkat
dari permasalahan penelitian yaitu bagaimana meningkatkan kinerja bisnis
melalui inovasi dan faktor-faktor yang mempengaruhi inovasi yaitu orientasi
pelanggan, orientasi pesaing dan orientasi teknologi.
Sampel penelitian berjumlah 130 responden terdapat 10 responden tidak
bersedia untuk mengembalikan kuisioner yang sudah di jawab dengan batas waktu
ketentuan pengembalian dari peneliti. Maka penelitian ini menghasilkan
responden ahir sebanyak 120 responden akan tetapi terdapat beberapa kuisioner
yang tidak terjawab sepenuhnya. Sehingga hasil ahir yang dapat di analisis
sebanyak 110 responden. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik purposive
sampling, dimana purposive sampling adalah teknik pengambilan sampel sumber
data dengan pertimbangan tertentu. Yang menjadi responden pada penelitian ini
adalah pemilik UKM kerajinan seni gerabah diKasongan Kabupaten Bantul. Alat
yang digunakan untuk menganalisis adalah Structural Equation Modeling (SEM).
Hasil penelitian ini terdapat empat hipotesis diteriama dari ketujuh hipotesis
penelitian. Adapun faktor-faktor yang signifikan memengaruhi inovasi yaitu
orientasi pesaing dan orientasi teknologi dan faktor yang mempengaruhi secara
langsung signifikan terhadap kinerja bisnis yaitu inovasi dan orientasi teknologi.
Keywords : | Customer Orientation, Competitor Orientation, Technology Orientation, Innovation and Business Performance., Orientasi Pelanggan, Orientasi Pesaing, Orientasi Teknologi, Inovasi dan Kinerja Bisnis |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Mohamad Sulamul Hadi |
Date Deposited: | 02 Nov 2021 07:14 |
Last Modified: | 04 Jul 2022 01:48 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/9492 |