STUDI MENGENAI BRAND LOYALTY DALAM MENINGKATKAN BRAND EQUITY KARTU PRABAYAR GSM PT. INDOSAT KOTA SEMARANG

HASANAH, Emy Yatul and MUDIANTONO, Mudiantono and SOESANTO, Harry,(17 March 2009), STUDI MENGENAI BRAND LOYALTY DALAM MENINGKATKAN BRAND EQUITY KARTU PRABAYAR GSM PT. INDOSAT KOTA SEMARANG. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
Download (5MB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris))
Download (5MB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia))
Download (5MB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi)
Download (5MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Download (5MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Industri telepon seluler mengalami perkembangan yang pesat dalam dua dekade terakhir ini, baik di negara maju ataupun sedang berkembang. Di Indonesia pun telepon seluler telah mengubah peta industri telekomunikasi secara radikal. Berbagai merek muncul dan bersaing secara ketat. Hal ini menimbulkan pertanyaan “Bagaimana Brand Image, Service Quality, Perceived Value menjadi hal yang sangat penting bagi perusahaan untuk membentuk Brand Loyalty dan pada akhirnya menuju pada peningkatan Brand Equity?”, seperti dalam berbagai teori dan jurnal yang ada dan apakah hal tersebut juga terdapat dalam industri telekomunikasi PT. Indosat merupakan masalah yang ingin diteliti dalam penelitian ini. Model penelitian tersebut menunjukkan adanya 4 (empat) hipotesis. Hipotesis�hipotesis antara lain adalah brand image mempunyai pengaruh positif terhadap brand loyalty (hipotesis 1), service quality mempunyai pengaruh positif terhadap brand loyalty (hipotesis 2), perceived value berpengaruh positif terhadap brand loyalty (hipotesis 3), dan brand loyalty berpengaruh positif terhadap brand equity (hipotesis 4). Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan cara metode purposive sampling. Cara ini diambil dengan teknik pengambilan sampel dengan berdasarkan pertimbangan tertentu, dimana sampel dipilih dengan syarat-syarat yang dipandang memiliki ciri-ciri esensial yang relevan dengan penelitian. Jumlah responden yang ditentukan sebagai sampel dalam penelitian ini adalah 130 pelanggan kartu GSM PT. Indosat. Teknik analisis yang dipakai untuk menginterpretasikan dan menganalisis data dalam penelitian ini adalah dengan teknik Structural Equation Model (SEM) dari software AMOS 4 dan AMOS 16. Proses analisis yang dilakukan terhadap data penelitian yang diperoleh dari 130 responden. Hasil analisis data tersebut akan menjelaskan hubungan kausalitas antara variabel yang sedang dikembangkan dalam model penelitian ini. Model yang diajukan dapat diterima setelah asumsi-asumsi telah terpenuhi yaitu normalitas dan Standardized Residual Covariance < 1,96. Sementara nilai Determinant of Covariance Matrixnya 102,358. Model pengukuran eksogen dan endogen telah diuji dengan menggunakan analisis konfirmatori. Selanjutnya model pengukuran tersebut dianalisis dengan Structural Equation Model (SEM) untuk model pengujian hubungan kausalitas antar variabel-variabel yang mempengaruhi dan dipengaruhi oleh brand image, service quality, perceived value, brand loyalty dan brand equity memenuhi kriteria Goodness of Fit yaitu chi square =197,437; probability = 0,206; GFI = 0,874; AGFI = 0,840; CFI = 0,995; TLI = 0,994; RMSEA = 0,026; CMIN/DF = 1,085. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa model tersebut dapat diterima.
Keywords : Brand Image, Service Quality, Perceived Value, Brand Loyalty and Brand Equit, Brand Image, Service Quality, Perceived Value , Brand Loyalty dan Brand Equit
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Nila Nurjanah
Date Deposited: 03 Nov 2021 06:44
Last Modified: 03 Nov 2021 06:44
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/9504

Actions (login required)

View Item
View Item