PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP RISIKO KEBANGKRUTAN DENGAN VARIABEL LEVERAGE DAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERATOR

MARINDA, Shania and HERSUGONDO, Hersugondo,(29 June 2021), PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP RISIKO KEBANGKRUTAN DENGAN VARIABEL LEVERAGE DAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERATOR. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (131kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (63kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (71kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (95kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (181kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk meneliti pengaruh tanggung jawab sosial perusahaan terhadap risiko kebangkrutan dengan menggunakan variabel leverage dan ukuran perusahaan sebagai variabel moderator. Objek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur Indonesia. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data laporan keuangan tahunan perusahaan manufaktur, laporan tahunan perusahaan, dan sustainability report mulai dari tahun 2014 hingga 2019. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode ordinary least square. Setelah dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t, uji F dan koefisien determinasi (R2) ditemukan bahwa tanggung jawab sosial perusahaan memiliki pengaruh negatif signifikan terhadap risiko kebangkrutan, kemudian variabel leverage dan ukuran perusahaan terbukti memiliki pengaruh signifikan untuk memoderasi pengaruh tanggung jawab sosial perusahaan terhadap risiko kebangkrutan. Berdasarkan hasil pengujian koefisien determinasi (R2) pada hipotesis pertama, hasilnya menyatakan bahwa variabel tanggung jawab sosial perusahaan memiliki pengaruh terhadap risiko kebangkrutan perusahaan sebesar 4,4%. Kemudian nilai R2 variabel moderator leverage memiliki pengaruh sebesar 34% yang berarti besarnya kontribusi variabel corporate social responsibility (CSR) mampu menjelaskan variabel risiko kebangkrutan dengan dimoderasi variabel leverage sebesar 34%. Terakhir, nilai R2 pada pengaruh ukuran perusahaan sebagai variabel moderator untuk memperkuat pengaruh tanggung jawab sosial perusahaan terhadap risiko kebangkrutan memiliki nilai 10%. Hal ini menunjukkan bahwa besarnya kontribusi variabel corporate social responsibility (CSR) mampu menjelaskan variabel risiko kebangkrutan dengan dimoderasi variabel ukuran perusahaan sebesar 10% sedangkan sisanya 90% dijelaskan oleh variabel lain di luar variabel di atas.
Keywords : Corporate Social Responsibility, Leverage, Size Firm, Bankruptcy Risk, Manufacture Company, Tanggung Jawab Sosial Perusahaan, Leverage Perusahaan, Ukuran Perusahaan, Risiko Kebangkrutan, Perusahaan Manufaktur
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Shania MARINDA
Date Deposited: 18 Nov 2021 07:27
Last Modified: 18 Nov 2021 07:27
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/9593

Actions (login required)

View Item
View Item