PENGARUH KOMITMEN EMOSIONAL, KUALITAS HUBUNGAN, PROMOSI TERHADAP RETENSI PELANGGAN MELALUI KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PELANGGAN TELKOMSEL

WIDYASARI, Marika Christa and SOESANTO, Harry,(16 September 2021), PENGARUH KOMITMEN EMOSIONAL, KUALITAS HUBUNGAN, PROMOSI TERHADAP RETENSI PELANGGAN MELALUI KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PELANGGAN TELKOMSEL. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (7kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (7kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (99kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (152kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Industri jasa telekomunikasi pada masa kini mengalami perkembangan pesat yang ditandai dengan tumbuhnya berbagai macam provider yang bermacam-macam menawarkan produk dan terobosan menarik. Dengan berbagai macam provider yang ada, maka semakin banyak pula pilihan produk yang ditawarkan sesuai dengan gaya hidup masyarakat. Telkomsel merupakan salah satu provider milik perusahaan BUMN yang turut bersaing dalam industri telekomunikasi. Adanya penelitian ini ditujukan untuk adanya identifikasi pengaruh komitmen emosional, kualitas hubungan dan promosi terhadap retensi pelanggan dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening. Data yang menjadi acuan dalam penelitian ini merupakan data primer dengan teknik pengambilan sampel nonprobability sampling yang terkumpul menjadi 125 responden menggunakan accidental sampling. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komitmen emosional berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan, kualitas hubungan berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan, promosi berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan, kepuasan pelanggan berpengaruh positif terhadap retensi pelanggan.
Keywords : Emotional Commitment, Relationship Quality, Promotion, Customer Satisfaction, Customer Retention, SEM, AMOS, Komitmen Emosinal, Kualitas Hubungan, Promosi, Kepuasan Pelanggan, Retensi Pelanggan, SEM, AMOS
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: S.Ak Marika Christa Widyasari
Date Deposited: 10 Dec 2021 01:09
Last Modified: 10 Dec 2021 01:12
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/9713

Actions (login required)

View Item
View Item