HARIANTO, Yossie Hanady and YOESTINI, Yoestini and SUTOPO, Sutopo,(December 2006), ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERCEIVED QUALITY DAN DAMPAKNYA TERHADAP BRAND EQUITY (Kajian Pada Produk Elektronik Merk Sony di Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (706kB)
Download (706kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (805kB)
Download (805kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (697kB)
Download (697kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (816kB)
Download (816kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (926kB)
Download (926kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Adanya fakta bahwa merk Sony merupakan merk yang paling melekat di
benak konsumen memberikan bukti bahwa Sony memiliki ekuitas merk yang
tinggi. Namun fakta yang ada juga menunjukkan bahwa merk-merk baru seperti
Samsung dan LG yang berumur relatif muda ternyata mampu menduduki peringkat
ekuitas merk di bawah Sony. Merk Samsung dan LG telah menjadi ancaman bagi
merk Sony. Lebih lanjut adanya perdebatan dalam penelitian yang telah dilakukan
mengenai faktor yang dapat mempengaruhi ekuitas merk secara langsung seperti
perceived quality dan tak langsung seperti harga (perceived price) dan price deal
serta masih jarangnya penelitian mengenai price premium membutuhkan justifikasi
lebih lanjut. Oleh sebab itu maka penelitian ini akan mengkaji pengaruh dari price
premium, harga (perceived price) dan price deal terhadap perceived quality dan
dampaknya terhadap ekuitas merk (brand equity).
Populasi dalam penelitian ini adalah semua pengguna produk Sony di kota
Semarang. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel dalam penelitian ini
adalah purposive sampling. Jumlah sampel yang diambil ditentukan 100 orang.
Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode angket. Data yang diperoleh
akan dianalisis dengan menggunakan program AMOS.
Hasil penelitian ini adalah bahwa price premium dan harga (perceived
price) memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap perceived quality,
sedangkan price deal memiliki pengaruh negatif yang signifikan terhadap
perceived quality. Lebih lanjut perceived quality memiliki pengaruh positif yang
signifikan terhadap ekuitas merk (brand equity). Model penelitian yang diuji dalam
penelitian ini mampu memenuhi kriteria pengujian kelayakan model.
Keywords : | price premium, perceived price, price deal, perceived quality and brand equity, price premium, harga (perceived price), price deal, perceived quality dan ekuitas merk (brand equity) |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Mohamad Sulamul Hadi |
Date Deposited: | 03 Jan 2022 07:59 |
Last Modified: | 02 Sep 2022 07:52 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/9931 |