ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERCEIVED QUALITY DAN DAMPAKNYA TERHADAP BRAND EQUITY (Kajian Pada Produk Elektronik Merk Sony di Kota Semarang)

HARIANTO, Yossie Hanady and YOESTINI, Yoestini and SUTOPO, Sutopo,(December 2006), ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERCEIVED QUALITY DAN DAMPAKNYA TERHADAP BRAND EQUITY (Kajian Pada Produk Elektronik Merk Sony di Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (706kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (805kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (697kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (816kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (926kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Adanya fakta bahwa merk Sony merupakan merk yang paling melekat di benak konsumen memberikan bukti bahwa Sony memiliki ekuitas merk yang tinggi. Namun fakta yang ada juga menunjukkan bahwa merk-merk baru seperti Samsung dan LG yang berumur relatif muda ternyata mampu menduduki peringkat ekuitas merk di bawah Sony. Merk Samsung dan LG telah menjadi ancaman bagi merk Sony. Lebih lanjut adanya perdebatan dalam penelitian yang telah dilakukan mengenai faktor yang dapat mempengaruhi ekuitas merk secara langsung seperti perceived quality dan tak langsung seperti harga (perceived price) dan price deal serta masih jarangnya penelitian mengenai price premium membutuhkan justifikasi lebih lanjut. Oleh sebab itu maka penelitian ini akan mengkaji pengaruh dari price premium, harga (perceived price) dan price deal terhadap perceived quality dan dampaknya terhadap ekuitas merk (brand equity). Populasi dalam penelitian ini adalah semua pengguna produk Sony di kota Semarang. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Jumlah sampel yang diambil ditentukan 100 orang. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode angket. Data yang diperoleh akan dianalisis dengan menggunakan program AMOS. Hasil penelitian ini adalah bahwa price premium dan harga (perceived price) memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap perceived quality, sedangkan price deal memiliki pengaruh negatif yang signifikan terhadap perceived quality. Lebih lanjut perceived quality memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap ekuitas merk (brand equity). Model penelitian yang diuji dalam penelitian ini mampu memenuhi kriteria pengujian kelayakan model.
Keywords : price premium, perceived price, price deal, perceived quality and brand equity, price premium, harga (perceived price), price deal, perceived quality dan ekuitas merk (brand equity)
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Mohamad Sulamul Hadi
Date Deposited: 03 Jan 2022 07:59
Last Modified: 02 Sep 2022 07:52
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/9931

Actions (login required)

View Item
View Item