TYAS, Ira Cahyaning and JANUARTI, Indira,(30 December 2021), PENGARUH UKURAN ORGANISASI, PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA, BUDAYA ORGANISASI, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KINERJA ORGANISASI (STUDI KASUS DI BADAN PUSAT STATISTIK). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (298kB)
Download (298kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (224kB)
Download (224kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (226kB)
Download (226kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (356kB)
Download (356kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (511kB)
Download (511kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis dan memperoleh bukti empiris pengaruh ukuran organisasi dan variabel yang mengukur modal intelektual The Sicap Project (pengembangan sumber daya manusia, budaya organisasi dan kualitas pelayanan) terhadap kinerja organisasi.
Penelitian ini adalah penelitian kausal eksplanatori. Populasi penelitian ini adalah seluruh Satker. BPS Provinsi berjumlah 34 satuan kerja dengan periode tahun 2018-2020, sehingga berjumlah 102. Sampel terseleksi dengan metode purposive sampling sebanyak 100 observasi. Data penelitian menggunakan data sekunder dan teknik analisis data menggunakan unbalanced data panel dengan aplikasi EVIEWS 9.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran organisasi tidak berpengaruh pada kinerja organisasi, karena aset yang dimiliki lebih besar pada aset lancar yang tidak dapat berkontribusi meningkatkan kinerja organisasi. Penelitian ini juga tidak mampu membuktikan pengaruh pengembangan sumber daya manusia sebagai ukuran model intelektual terhadap kinerja organisasi. Pengembangan sumber daya manusia di BPS hanya mengalami peningkatan yang sangat sedikit sehingga tidak mampu mempengaruhi kinerja organisasi. Penelitian ini berhasil membuktikan budaya organisasi sebagai ukuran model intelektual berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja organisasi. Budaya organisasi di BPS sudah dilaksanakan dengan baik. Penelitian ini juga berhasil membuktikan kualitas pelayanan sebagai ukuran model intelektual berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja organisasi. Kualitas pelayanan di BPS sudah baik karena setiap tahun dilakukan evaluasi dengan survei kebutuhan data.
Keywords : | organizational performance, organizational size, human resource development, organizational culture, service quality, kinerja organisasi, ukuran organisasi, pengembangan sumber daya manusia, budaya organisasi, kualitas pelayanan |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Akuntansi |
Depositing User: | Ira Cahyaningtyas |
Date Deposited: | 05 Jan 2022 07:28 |
Last Modified: | 05 Jan 2022 07:33 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/9983 |