EVANTONO, Immanuel Yuspita Agung and MUDIANTONO, Mudiantono,(March 2007), PENGARUH TINGKAT KOMPETENSI INTERNASIONAL, KARAKTERISTIK PRODUK, DAN KARAKTERISTIK PASAR EKSPOR TERHADAP ADAPTASI PROMOSI UNTUK PENINGKATAN KINERJA PEMASARAN EKSPOR (STUDI PADA INDUSTRI MEBEL EKSPOR DI JEPARA). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (434kB)
Download (434kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (429kB)
Download (429kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (429kB)
Download (429kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (439kB)
Download (439kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (752kB)
Download (752kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Persaingan bisnis yang makin ketat yang terjadi di pasar luar negeri telah
membuat perusahaan-perusahaan bekerja keras melakukan bebagai strategi
pemasaran untuk memenangkan persaingan global. Salah satunya yaitu perusahaan
harus mampu membangun kekuatan adaptabilitas dan aksesibilitas untuk
meningkatkan kekuatan bersaing di dalam pasar ekspor. Perusahaan berusaha untuk
melakukan strategi pemasaran yang dapat memberikan keuntungan dalam jangka
panjang dan salah satu strategi pemasaran yang dilakukan perusahaan adalah dengan
melakukan adaptasi promosi.
Penelitian ini merupakan penelitian yang lebih didasarkan atas research gap,
yaitu adanya perbedaan pandangan antara peneliti-peneliti sebelumnya sehingga perlu
diuji kembali untuk mendapatkan hasil yang paling sesuai dengan kondisi penelitian
saat ini. Penelitian ini menganalisis faktor-faktor yang berkaitan dengan adaptasi
promosi, yaitu tingkat kompetensi internasional, karakteristik produk, dan
karakteristik pasar ekspor yang mempengaruhi kinerja pemasaran ekspor perusahaan
dengan melalui adaptasi promosi sebagai variabel intervening. Atas dasar hal
tersebut, maka diajukan sebuah model teoritis dan 5 hipotesis untuk diuji dengan
metode SEM. Sampel penelitian ini adalah 119 perusahaan mebel ekspor di Jepara.
Hasil analisis SEM memenuhi Goodness of Fit Index, yaitu Chi-squares = 113
989; GFI = 0,900; AGFI = 0,862; TLI = 0,999; RMSEA = 0,015; dan CFI = 0,999.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja pemasaran ekspor dapat ditingkatkan
melalui peningkatan adaptasi promosi. Adaptasi promosi dipengaruhi oleh tingkat
kompetensi internasional, karakteristik produk, dan karakteristik pasar ekspor.
Implikasi teoritis yang didapatkan dari penelitian ini adalah bahwa tingkat
kompetensi internasional, karakteristik produk dan karakteristik pasar ekspor
berpengaruh terhadap kinerja pemasaran internasional melalui variabel intervening,
yaitu adaptasi promosi. Implikasi manajerial yang dapat disarankan adalah bahwa
membangun positioning produk, kualitas pelayanan/pengepakan dan intensitas
promosi merupakan aspek yang perlu diperhatikan.
Objek penelitian ini hanya pada 119 perusahaan mebel ekspor di Jepara.
Penelitian pada perusahaan lain untuk produk ekspor maupun untuk pasar domestik
dapat menjadi agenda penelitian mendatang.
Keywords : | promotion adaptation, export marketing performance, international competence, product characteristics, export market characteristics., kinerja pemasaran ekspor, adaptasi promosi, tingkat kompetensi internasional, karakteristik produk, karakteristik pasar ekspor |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Mohamad Sulamul Hadi |
Date Deposited: | 06 Jan 2022 03:37 |
Last Modified: | 06 Jan 2022 03:37 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10009 |