ANALISIS PENGARUH RASIO-RASIO KEUANGAN BANK TERHADAP CAPITAL ADEQUACY RATIO (Studi Empiris: Pada Bank Umum di Indonesia Periode Tahun 2003-2005)

SURANTO, Joko and SABENI, Arifin,(March 2007), ANALISIS PENGARUH RASIO-RASIO KEUANGAN BANK TERHADAP CAPITAL ADEQUACY RATIO (Studi Empiris: Pada Bank Umum di Indonesia Periode Tahun 2003-2005). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (214kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (197kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (196kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (200kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (415kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh variabel ROI, ROE, BOPO, NIM, LDR, NPL, dan GWM terhadap CAR Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan kriteria bank umum di Indonesia yang menyajikan laporan keuangan periode 2003 sampai dengan 2005 dan bank umum yang memperoleh perubahan laba periode 2003-2005. Data diperoleh berdasarkan publikasi Direktori Perbankan Indonesia periode tahun 2003 sampai dengan tahun 2005. Diperoleh jumlah sampel sebanyak 81 perusahaan dari 136 bank umum di Indonesia periode 2003-2005. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi berganda dengan persamaan kuadrat terkecil dan uji hipotesis menggunakan t-statistik untuk menguji koefisien regresi parsial serta f-statistik untuk menguji keberartian pengaruh secara bersama-sama dengan level of significance 5%. Selain itu juga dilakukan uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi. Selama periode pengamatan menunjukkan bahwa data penelitian berdistribusi normal. Berdasarkan uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi tidak ditemukan variabel yang menyimpang dari asumsi klasik, hal ini menunjukkan bahwa data yang tersedia telah memenuhi syarat untuk menggunakan model persamaan regresi linier berganda. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa data LDR dan NPL secara parsial signifikan terhadap CAR pada level of signifikan kurang dari 5% (sebesar 0,8% dan 0,01%), Namun demikian penelitian ini hanya terbatas dengan 81 sampel dan periode pengamatan tahunan selama 3 tahun. Disarankan agar dilakukan penelitian lanjutan dengan menganalisis uji beda menurut kondisi stabil (aman) dan tidak stabil.
Keywords : ROI, ROE, BOPO, NIM, LDR, NPL, GWM and CAR, ROI, ROE, BOPO, NIM, LDR, NPL, GWM, dan CAR
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Mohamad Sulamul Hadi
Date Deposited: 10 Jan 2022 07:47
Last Modified: 10 Jan 2022 07:47
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10055

Actions (login required)

View Item
View Item