ANALISIS PENGARUH FAKTOR-FAKTOR INDIVIDUAL: PERTIMBANGAN ETIS, SIKAP MACHIAVELLIAN, DAN GENDER TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN ETIS (Studi Pada Mahasiswa Akuntansi S1, Mahasiswa PPA, dan Auditor di Kota Surabaya)

WURIASIH, Anik and ISGIYARTA, Jaka and PRASTIWI, Andri,(14 October 2011), ANALISIS PENGARUH FAKTOR-FAKTOR INDIVIDUAL: PERTIMBANGAN ETIS, SIKAP MACHIAVELLIAN, DAN GENDER TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN ETIS (Studi Pada Mahasiswa Akuntansi S1, Mahasiswa PPA, dan Auditor di Kota Surabaya). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Faktor-faktor individual diyakini sebagai suatu pemberi kekuatan atas respon tindakan dari individu, yang dapat mempengaruhi perilaku, sikap, keyakinan, dan pilihan dalam spektrum situasi yang luas. Selain itu, faktor-faktor individual juga merefleksikan karakteristik mendasar yang mengarahkan seseorang dalam pengambilan keputusan terhadap apa yang harus dikerjakan. Penelitian ini ditujukan untuk menguji serta memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh serta perbedaan pengaruh pertimbangan etis, sikap Machiavellian, dan gender terhadap pengambilan keputusan etis antara mahasiswa Akuntansi S1, mahasiswa PPA, dan auditor. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 297 responden, yang terdiri dari mahasiswa Akuntansi S1 (Perguruan Tinggi Negeri maupun Perguruan Tinggi Swasta), mahasiswa PPA (Perguruan Tinggi Negeri maupun Perguruan Tinggi Swasta), serta auditor di Kota Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelompok mahasiswa Akuntansi S1, hanya sikap Machiavellian yang berpengaruh terhadap pengambilan keputusan etis baik pada saat dilema etis dihadapi orang lain maupun diri sendiri, sedangkan pertimbangan etis dan gender tidak berpengaruh terhadap pengambilan keputusan etis baik pada saat dilema etis dihadapi orang lain maupun diri sendiri. Pada kelompok mahasiswa PPA, hanya gender yang tidak berpengaruh terhadap pengambilan keputusan etis baik pada saat dilema etis dihadapi orang lain maupun diri sendiri, sedangkan pertimbangan etis dan sikap Machiavelllian berpengaruh terhadap pengambilan keputusan etis baik pada saat dilema etis dihadapi orang lain maupun diri sendiri. Pada kelompok auditor, hanya sikap Machiavellian yang berpengaruh terhadap pengambilan keputusan etis baik pada saat dilema etis dihadapi orang lain maupun diri sendiri, sedangkan pertimbangan etis dan gender tidak berpengaruh terhadap pengambilan keputusan etis baik pada saat dilema etis dihadapi orang lain maupun diri sendiri. Untuk perbedaan pengaruh, hanya gender yang tidak memiliki perbedaan pengaruh pada masing-masing kelompok, sedangkan pertimbangan etis dan sikap Machiavellian memiliki perbedaan pengaruh pada masing-masing kelompok.
Keywords : Ethical Consideration, Machiavellian Attitude, Gender, Pertimbangan Etis, Sikap Machiavellian, Gender
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Yuwono Yuwono
Date Deposited: 18 Jan 2022 02:45
Last Modified: 18 Jan 2022 02:45
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10089

Actions (login required)

View Item
View Item