SOEMARSO, Embun Duriany and SUGIONO, Sugiono and PAMUNGKAS, Oktavianus,(8 July 2010), ANALISIS MOMENT OF TRUTH DALAM MEMBANGUN LOYALITAS NASABAH (STUDI KASUS PADA NASABAH TAPLUS BNI CABANG UNDIP TEMBALANG - SEMARANG). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (3MB)
Download (3MB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (3MB)
Download (3MB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (3MB)
Download (3MB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (3MB)
Download (3MB)
Text (Daftar Pustaka)
Download (3MB)
Download (3MB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Produk inti dan unggulan perbankan, salah satunya adalah tabungan.
Perebutan dana murah tabungan selalu mewarnai persaingan antar bank. Saat krisis
keuangan global, loyalitas nasabah menjadi sangat penting. Bank tentunya
memerlukan nasabah yang loyal sehingga dapat menjadi customer based yang baik.
Maka penelitian tentang loyalitas nasabah tabungan layak untuk dilakukan.
Penelitian ini menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi moment of truth
sebagai upaya untuk meningkatkan loyalitas nasabah. Permasalahan riset bersumber
pada 2 (dua) hal yaitu pertama berdasarkan keragaman hasil penelitian dari Mujiharjo
(2006); Palilati (2006) dan Palilati (2004). Permasalahan kedua bersumber dari
adanya fenomena bisnis yaitu dikarenakan performa loyalty index nasabah tabungan
BNI th 2009 menurun dibanding tahun sebelumnya (th 2008), sehingga posisi
peringkat loyalty index nasabah tabungan BNI menduduki peringkat ketiga diantara
pesaing sesama bank.
Berdasarkan permasalahan tersebut yang mendasari dilakukan penelitian
yaitu untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi moment of truth untuk
meningkatkan loyalitas nasabah. Dalam penelitian ini dikembangkan suatu model
teoritis dengan mengajukan enam hipotesis yang akan diuji dengan menggunakan
Structural Equation Model (SEM) dengan menggunakan software AMOS 16.
Responden yang digunakan dalam penelitian ini diambil dari nasabah tabungan
Taplus BNI berjumlah 102 responden.
Hasil dari pengolahan data SEM untuk model penuh telah memenuhi kriteria
goodness of fit sebagai berikut, nilai chi-square = 84,411; probability = 0,967; GFI =
0,913; AGFI = 0,878; TLI = 1,036; CFI = 1,000; CMIN/DF = 0,767; RMSEA =
0,000. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa model ini layak untuk digunakan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses untuk meningkatkan loyalitas
nasabah adalah melalui moment of truth yang dipengaruhi oleh persepsi nilai dan
kualitas komunikasi. Variabel kepuasan dapat berpengaruh positif secara langsung
terhadap loyalitas nasabah. Sedangkan persepsi nilai dinyatakan berpengaruh positif
secara langsung terhadap loyalitas nasabah, tetapi tidaklah cukup untuk mendorong
terciptanya loyalitas nasabah, sehingga dinyatakan tidak signifikan terhadap loyalitas
nasabah.
Kata kunci : Persepsi Nilai, Kualitas Komunikasi, Kepuasan, Moment of Truth, dan
Loyalitas Nasa
Keywords : | Keywords : Value perception, communication quality, satisfaction, moment of truth and customer loyalty, Kata kunci : Persepsi Nilai, Kualitas Komunikasi, Kepuasan, Moment of Truth, dan Loyalitas Nasabah. |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Handri Herawati |
Date Deposited: | 22 Mar 2022 03:52 |
Last Modified: | 22 Mar 2022 03:52 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10389 |