MODEL DETERMINAN IMBAL HASIL OBLIGASI PEMERINTAH: Studi Empiris Surat Utang Negara (SUN) Republik Indonesia

MUHARAM, Harjum and MIYASTO, Miyasto,(11 November 2011), MODEL DETERMINAN IMBAL HASIL OBLIGASI PEMERINTAH: Studi Empiris Surat Utang Negara (SUN) Republik Indonesia. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (310kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (241kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (197kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (240kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (483kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan adanya kontradiksi hasil penelitian mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi imbal hasil obligasi pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk membuat model determinan imbal hasil obligasi pemerintah dan menguji hipotesis mengenai pengaruh inflasi, cadangan devisa, tingkat suku bunga domestik, return pasar saham, kurs, tingkat suku bunga internasional, harga minyak dunia, kinerja sektor riil, dan varian kondisional terhadap imbal hasil obligasi pemerintah. Model penelitian yang dikembangkan merupakan penggabungan pendekatan perilaku data runtut waktu dan model multifaktor. Gabungan kedua model ini menghasilkan Model Multifaktor GARCH. Populasi dalam penelitian ini adalah Surat Utang Negara (SUN) yang diterbitkan oleh Pemerintah Republik Indonesia yang memiliki tingkat suku bunga kupon tetap dengan denominasi mata uang rupiah. SUN yang bertenor 5 tahun dipilih sebagai sampel. Hasil evaluasi model menggunakan adjusted R2 , logL, Akaike Information Criterion (AIC) dan Schwarz Criterion (SC) menyimpukan bahwa Model Multifaktor EGARCH-M adalah model terbaik. Hasil pengujian empiris menunjukkan ada dua variabel yang memiliki pengaruh dominan terhadap imbal hasil obligasi pemerintah, yaitu GARCH dan cadangan devisa. GARCH adalah proksi dari risiko pasar sedangkan cadangan devisa adalah proksi dari risiko gagal bayar. Variabel lain yang berpengaruh terhadap imbal hasil obligasi pemerintah adalah: (1) tingkat suku bunga domestik, (2) return pasar saham, (3) kurs, (4) tingkat suku bunga internasional, dan (5) harga minyak dunia. Inflasi dan kinerja sektor riil tidak berpengaruh terhadap imbal hasil obligasi pemerintah.
Keywords : yield, government bonds, multifactor model, conditional variance, GARCH., mbal hasil, obligasi pemerintah, model multifaktor, varian kondisional, GARCH.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (PhD)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Eriana Ringgowati
Date Deposited: 22 Mar 2022 04:38
Last Modified: 22 Mar 2022 04:38
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10391

Actions (login required)

View Item
View Item