WICAKSONO, Deddy Setyawan and MUDIANTONO, Mudiantono and KHASANAH, Imroatul,(23 June 2010), ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA JASA TRANSPORTASI TAKSI UNTUK MENINGKATKAN LOYALITAS [ STUDI PADA PT. BLUE BIRD PUSAKA DI SEMARANG ]. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Kepuasan pelangan merupakan salah satu kunci keberhasilan suatu
perusahaan dalam mempertahankan eksistensinya di pasar, apalagi dengan semakin
tingginya tingkat persaingan. Dengan memperhatikan aspek ini diharapkan
perusahaan dapat mendorong konsumen untuk loyal dan mempromosikan jasa
perusahaan kepada potensial konsumen, yang pada akhirnya akan meningkatkan
keuntungan perusahaan. PT.Blue Bird Pusaka merupakan perusahaan yang bergerak
dalam bidang transportasi taksi di Semarang. Oleh karena itu sangatlah penting
untuk mengetahui penilaian konsumen atas pelayanan yang telah diberikan selama
ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penilaian konsumen atas pelayanan
yang diberikan dan mengetahui faktor pelayanan yang dianggap penting oleh
konsumen, tetapi belum baik dalam pelaksanaanya.
Sesuai dengan rumus Slovin, penelitian ini dilakukan dengan metode survey
yang melibatkan 100 responden pelanggan taksi PT. BlueBird Pusaka. Dari
informasi yang di peroleh melalui survey, data diolah oleh penulis dengan Analisis
Kuadran (Importance Performance Analysis – IPA). Hasil Importance Performance
Analysis menunjukan bahwa indikator kualitas pelayanan Reliability menempati
kuadran A yang berarti konsumen merasa dimensi ini penting akan tetapi
pelaksanaannya masih kurang baik maka perlu adanya perhatian khusus untuk
meningkatkan kinerja, sehingga dapat meningkatkan kepuasan pelanggan. Untuk
Dimensi Tangibles dan Dimensi Assurance berada pada Kuadran B, berarti
konsumen merasa dimensi-dimensi ini penting dan kinerja perusahaan sudah baik
sehingga pelaksanaanya perlu dipertahankan. Sedangkan Dimensi Responsiveness
dan Dimensi Empathy berada pada kuadran C, ini berarti konsumen merasa
dimensi-dimensi ini kurang penting dan kinerja perusahaan dirasakan belum cukup
baik dalam pelaksanaanya.
Berdasarkan hasil Analisis IPA, maka untuk meningkatkan kesesuaian
harapan pelanggan dan kinerja perusahaan atas kualitas pelayanan dan
meningkatkan loyalitasnya dilakukan melalui pelatihan dan motivasi kepada driver
dengan sebelumnya telah diseleksi pada saat perekrutan karyawan. Penambahan
jumlah Pool yang menyebar ditempat-tempat yang strategis yang belum ada pool
taksi perusahaan pesaing guna meminimalisasi konflik. Secara bertahap melengkapi
armada dengan GPS untuk mengefisiensikan waktu dan rute serta memberikan
sanksi yang berat kepada driver yang terbukti tidak mengembalikan barang bawaan
penumpang yang tertinggal.
Keywords : | Keywords: Service Quality, Customer Satisfaction, and Customer Loyalty, Kata kunci : kualitas pelayanan, kepuasan konsumen, loyalitas konsumen |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Handri Herawati |
Date Deposited: | 01 Apr 2022 03:05 |
Last Modified: | 01 Apr 2022 03:05 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10474 |