ASTUTI F., Dwi and FERDINAND, Augusty Tae and PAMUNGKAS, Oktavianus,(23 August 2010), STUDI MENGENAI PERSEPSI RESIKO (PERCEIVED RISK) TERHADAP MINAT BELI ONLINE SHOPPING (KASUS PADA TOKO ONLINE WWW.KASKUS.COM). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (2MB)
Download (2MB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (2MB)
Download (2MB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (2MB)
Download (2MB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (2MB)
Download (2MB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (2MB)
Download (2MB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Perkembangan e-Commerce di Indonesia sendiri cukup pesat. Saat ini telah
banyak perusahaan di Indonesia yang menggunakan Internet sebagai media
transaksi, baik sebagai pendukung maupun sebagai sarana utama. Perkembangan
e-Commerce di Indonesia yang cukup pesat, ternyata tidak diikuti dengan
tingginya minat beli belanja melalui online shopping. Berdasarkan survey yang
dilakukan dilakukan oleh MARS (2008), kebanyakan masyarakat di Indonesia
masih menggunakan internet untuk keperluan social networking, browsing,
downloading.
Penelitian ini meneliti proses dari persepsi akan resiko (perceived risk)
dalam meningkatkan minat beli online shopping. Penelitian ini dilakukan karena
adanya research gap dari penelitian terdahulu mengenai tingkat persepsi akan
resiko yang dikemukakan dalam penelitian Vijayasarathy & Jones (2000)
menemukan bahwa tingkat persepsi akan resiko mempengaruhi minat beli online
shopping. Namun, hal ini bertentangan dengan penelitian yang dilakukan oleh
Leelayouthayotin (2004) yang menyatakan bahwa tingkat persepsi akan resiko
tidak mempengaruhi minat beli melalui online shopping.
Dari permasalahan di atas yang mendasari dilakukan penelitian ini, yaitu
untuk mengetahui bagaimana mengelola persepsi akan resiko (perceived risk)
dalam meningkatkan minat beli online shopping. Dalam penelitian ini
dikembangkan suatu model teoritis dengan mengajukan lima hipotesis yang akan
diuji dengan menggunakan Structural Equation Model (SEM) dengan
menggunakan software AMOS 16. Responden yang digunakan dalam penelitian
ini adalah semua lapisan masyarakat yang tinggal di kota Semarang, minimal
berumur 18 tahun, tingkat pendidikan minimal SMA dan berminat melakukan
online shopping melalui www.kaskus.com sebanyak 150 responden.
Hasil dari pengolahan data SEM untuk model penuh dengan indeks
modifikasi sebagian besar telah memenuhi kriteria goodness of fit sebagai berikut
chi square = 157,120; probability = 0,065; GFI = 0,900; AGFI = 0,867; TLI =
0,985; CFI = 0,987; CMIN/DF = 1,195; RMSEA = 0,036. Dengan demikian dapat
dikatakan bahwa model ini layak untuk digunakan. Hasil penelitian ini
menunjukkan proses untuk meningkatkan minat beli online shopping melalui
persepsi resiko yaitu melalui persepsi manfaat dan persepsi kemudahan
penggunaan transaksi online shopping
Keywords : | Keywords : Trust, Perceived Risk, Perceived Usefulness, Perception Ease of Use and Online Shopping Purchases., Kata kunci : Kepercayaan, Persepsi Resiko, Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan dan Minat Beli online shopping |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Handri Herawati |
Date Deposited: | 04 Apr 2022 03:09 |
Last Modified: | 04 Apr 2022 03:09 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10487 |