LUSIANA, Lusiana and WIDIYANTO, Ibnu,(26 August 2015), ANALISIS PENGARUH PERSEPSI MANFAAT DAN PERSEPSI RISIKO TERHADAP KEPERCAYAAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE (Studi Kasus pada Konsumen E-Commerce di Indonesia). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (2MB)
Download (2MB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (2MB)
Download (2MB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (2MB)
Download (2MB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (4MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (4MB) | Request a copy
Abstract
Transaksi melalui e-commerce memiliki potensi resiko yang cukup
tinggi. Oleh karena itu faktor kepercayaan konsumen terhadap vendor menjadi
faktor kunci dalam e-commerce. Indonesia sebagai negara sedang berkembang,
tentunya memiliki beberapa perbedaan dengan negara-negara maju yang telah
lama mempraktikkannya. Perbedaan tersebut setidaknya menyangkut masalah
regulasi, perangkat hukum, dan perilaku konsumen. Berbelanja melalui online
tidak hanya dipengaruhi oleh kepercayaan konsumen, tetapi juga konsumen
mempertimbangkan risiko, yaitu risiko yang dirasakan dalam transaksi online
adalah ketidakpastian dalam lingkungan pembelian dimana konsumen harus
mempertimbangkan hasil pembelian dan pentingnya membuat keputusan dalam
melakukan transaksi e-commerce serta manfaat apa yang di dapat. Fenomena yang
menarik untuk diteliti adalah “bagaimana cara meningkatkan belanja online
melalui pengelolaan persepsi manfaat dan persepsi risiko dengan
penambahan variabel intervening kepercayaan terhadap keputusan dalam
belanja online”.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor apa saja yang
mempengaruhi keputusan pembelian online. Metode pengumpulan pada penelitian
ini dilakukan dengan menggunakan metode survei yaitu dengan menggunakan
kuesioner. Populasi penelitan adalah konsumen yang pernah menggunakan
transaksi secara online dengan jumlah sampel 150 responden.
Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah
Snowball sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah Structural
Equation Model (SEM). Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel persepsi
manfaat, persepsi risiko dan kepercayaan berpengaruh terhadap keputusan
pembelian online.
Keywords : | e-commerce, perceived benefit, perceived risk, trust, online purchase decision, persepsi manfaat, persepsi risiko, kepercayaan, keputusan pembelian online. |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Mohamad Sulamul Hadi |
Date Deposited: | 08 Apr 2022 04:25 |
Last Modified: | 08 Apr 2022 04:25 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10537 |