HANTORO, Saji and SOESANTO, Harry and RAHARDJO, Susilo Toto,(14 June 2017), MENINGKATKAN EFEKTIFITAS PROMOSI PENERIMAAN SISWA BARU PADA PEMASARAN SEKOLAH SMK SWASTA Studi pada SMK Muhammadiyah Bawang Kabupaten Batang. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (25kB)
Download (25kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (28kB)
Download (28kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (28kB)
Download (28kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (33kB)
Download (33kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (35kB)
Download (35kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Pola kompetisi pasar mengharuskan para pelaku dunia pendidikan
berlomba- lomba berkompetisi untuk membawa sekolah masing- masing
mendekat kepada ‘Target Market’ dengan berbagai upaya promosi. Sekolahsekolah
di bawah naungan Dikdasmen Pimpinan Daerah Muhammadiyah
kabupaten Batang dalam kurun waktu 3 tahun belakangan ini mulai merasakan
dampak ketatnya persaingan tersebut. Hal nyata yang terlihat adalah menurunnya
animo pendaftar di SMK Muhammadiyah Bawang Kabupaten Batang, bahkan di
beberapa sekolah terjadi penurunan jumlah siswa yang diterima secara drastis
akibat semakin banyaknya tersedia alternatif pilihan sekolah dengan keunggulan
masing- masing. hal ini tentu tidak baik untuk jangka panjang sehingga perlu
adanya inovasi agar bagaimana efektifitas promosi dapat meningkat, efektifitas
promosi perlu diketahui yang selanjutnya harus ditingkatkan agar target pendaftar
dapat tercapai, faktor efektifitas promosi di pengaruhi oleh : intensitas promosi,
media promosi dan pesan promosi
Model yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini
adalah Structural Equation Modeling (SEM). Responden dalam penelitian ini
adalah siswa SMP, MTs yang menjadi target promosi. Model diuji berdasarkan
data kuesioner yang terkumpul dari 200 siswa SMP, MTs se- kabupaten Batang.
Berdasar proses analisis data dari full structural equation model indeks goodness
of fit adalah Chi – Square = 228,435, Probability = 0.062, RMSEA =0.028, GFI =
0.909, AGFI = 0.884, TLI = 0.982, CFI = 0.985. dimana hal ini menunjukkan
bahwa model secara keseluruhan memenuhi syarat dan dapat diterima. Dari hasil
pengujian hubungan kausalitas yang diajukan diperoleh hasil yang signifikan
yaitu semua hubungan kausalitas indikator menunjukkan hubungan positif
terhadap efektifitas promosi, adanya kebijakan yang berdasar pada hasil penelitian
ini diharapkan peningkatan target pendaftar sesuai dengan target yang ditetapkan
dan sebanding dengan biaya promosi yang di alokasikan.
Keywords : | Keyword : Competition, Goals, Intensity Promotion, Media Promotion and Message of Promotion, Kata Kunci : Kompetisi, Target, Intensitas Promosi, Media Promosi dan Pesan Promosi |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Handri Herawati |
Date Deposited: | 27 May 2022 07:37 |
Last Modified: | 27 May 2022 07:37 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10738 |