MENINGKATKAN EFEKTIFITAS PROMOSI PENERIMAAN SISWA BARU PADA PEMASARAN SEKOLAH SMK SWASTA Studi pada SMK Muhammadiyah Bawang Kabupaten Batang

HANTORO, Saji and SOESANTO, Harry and RAHARDJO, Susilo Toto,(14 June 2017), MENINGKATKAN EFEKTIFITAS PROMOSI PENERIMAAN SISWA BARU PADA PEMASARAN SEKOLAH SMK SWASTA Studi pada SMK Muhammadiyah Bawang Kabupaten Batang. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (25kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (28kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (28kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (33kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (35kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pola kompetisi pasar mengharuskan para pelaku dunia pendidikan berlomba- lomba berkompetisi untuk membawa sekolah masing- masing mendekat kepada ‘Target Market’ dengan berbagai upaya promosi. Sekolahsekolah di bawah naungan Dikdasmen Pimpinan Daerah Muhammadiyah kabupaten Batang dalam kurun waktu 3 tahun belakangan ini mulai merasakan dampak ketatnya persaingan tersebut. Hal nyata yang terlihat adalah menurunnya animo pendaftar di SMK Muhammadiyah Bawang Kabupaten Batang, bahkan di beberapa sekolah terjadi penurunan jumlah siswa yang diterima secara drastis akibat semakin banyaknya tersedia alternatif pilihan sekolah dengan keunggulan masing- masing. hal ini tentu tidak baik untuk jangka panjang sehingga perlu adanya inovasi agar bagaimana efektifitas promosi dapat meningkat, efektifitas promosi perlu diketahui yang selanjutnya harus ditingkatkan agar target pendaftar dapat tercapai, faktor efektifitas promosi di pengaruhi oleh : intensitas promosi, media promosi dan pesan promosi Model yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah Structural Equation Modeling (SEM). Responden dalam penelitian ini adalah siswa SMP, MTs yang menjadi target promosi. Model diuji berdasarkan data kuesioner yang terkumpul dari 200 siswa SMP, MTs se- kabupaten Batang. Berdasar proses analisis data dari full structural equation model indeks goodness of fit adalah Chi – Square = 228,435, Probability = 0.062, RMSEA =0.028, GFI = 0.909, AGFI = 0.884, TLI = 0.982, CFI = 0.985. dimana hal ini menunjukkan bahwa model secara keseluruhan memenuhi syarat dan dapat diterima. Dari hasil pengujian hubungan kausalitas yang diajukan diperoleh hasil yang signifikan yaitu semua hubungan kausalitas indikator menunjukkan hubungan positif terhadap efektifitas promosi, adanya kebijakan yang berdasar pada hasil penelitian ini diharapkan peningkatan target pendaftar sesuai dengan target yang ditetapkan dan sebanding dengan biaya promosi yang di alokasikan.
Keywords : Keyword : Competition, Goals, Intensity Promotion, Media Promotion and Message of Promotion, Kata Kunci : Kompetisi, Target, Intensitas Promosi, Media Promosi dan Pesan Promosi
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Handri Herawati
Date Deposited: 27 May 2022 07:37
Last Modified: 27 May 2022 07:37
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10738

Actions (login required)

View Item
View Item