KUSUMA, Angga Teja and SOESANTO, Harry and SUTOPO, Sutopo,(23 September 2017), STUDI TENTANG MINAT BELI ULANG KONSUMEN TERHADAP PRODUK TEPUNG TERIGU MEREK SEGITIGA BIRU KEMASAN BENING DI KOTA SEMARANG. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (2MB)
Download (2MB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (2MB)
Download (2MB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (2MB)
Download (2MB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (2MB)
Download (2MB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (2MB)
Download (2MB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Kondisi perekonomian dan persaingan usaha yang semakin ketat
sekarang ini menuntut setiap perusahaan untuk terus menyiapkan berbagai
inovasi dan strategi. Salah satu produk unggulan dari PT Indofood Sukses
Makmur Divisi Bogasari adalah tepung terigu merek Segitiga Biru. Merek
Segitiga Biru sudah begitu melekat di benak konsumen. Loyalitas terhadap
merek Segitiga Biru sudah sangat terbukti bertahun-tahun. Merek yang kuat
memang dapat menjadi basis kekuatan yang baik. Namun tidak cukup hanya
itu saja. Analisa yang mendalam diperlukan dalam mengamati perilaku
konsumen khususnya minat mereka dalam melakukan pembelian ulang. Tidak
banyak penelitian yang membahas tentang bagaimana pengaruh nilai
fungsional, nilai emosional, kelayakan harga, dan komitmen terhadap
loyalitas merek pada produk seperti tepung terigu. Sebagian besar produk
yang diteliti adalah consumer goods, sementara tepung terigu untuk sebagian
konsumen masih dipandang sebagai komoditas. Perdebatan juga timbul
dalam berbagai penelitian mengenai hubungan antara loyalitas merek dengan
minat beli ulang. Oleh sebab itu maka penelitian ini akan mengkaji pengaruh
dari nilai fungsional, nilai emosional, kelayakan harga, komitmen terhadap
loyalitas merek dan dampaknya terhadap minat beli ulang.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen tepung terigu
Segitiga Biru kemasan bening di kota Semarang. Teknik yang digunakan
dalam pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling.
Jumlah sampel yang diambil ditentukan 379 orang. Metode pengumpulan
data dilakukan dengan pembagian dan pengisian kuesioner tertutup dan
terbuka. Data yang diperoleh dianalisa dengan menggunakan program
AMOS.
Hasil penelitian ini adalah bahwa nilai fungsional, nilai emosional,
komitmen memiliki pengaruh positif terhadap loyalitas merek, sedangkan
kelayakan harga tidak berpengaruh terhadap loyalitas merek. Lebih lanjut
loyalitas merek memiliki pengaruh positif terhadap minat beli ulang. Model
penelitian yang diuji dalam penelitian ini mampu memenuhi kriteria
kelayakan model.
Keywords : | Keywords : functional value, emotional value, price worthiness, commitment, brand loyalty, repurchase intention., Kata kunci : nilai fungsional, nilai emosional, kelayakan harga, komitmen, loyalitas merek, minat beli ulang. |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Handri Herawati |
Date Deposited: | 03 Jun 2022 07:14 |
Last Modified: | 03 Jun 2022 07:14 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10779 |