PENGARUH MODAL MANUSIA, DUKUNGAN KEPEMIMPINAN DAN ADAPTABILITAS PERUSAHAAN TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING UNTUK MENINGKATKAN KINERJA UNIT (Studi pada Koperasi Simpan Pinjam JASA di Indonesia)

NINGRUM, Ari Suci and MAHFUDZ, Mahfudz,(27 December 2018), PENGARUH MODAL MANUSIA, DUKUNGAN KEPEMIMPINAN DAN ADAPTABILITAS PERUSAHAAN TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING UNTUK MENINGKATKAN KINERJA UNIT (Studi pada Koperasi Simpan Pinjam JASA di Indonesia). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (57kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (81kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (12kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (314kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (969kB) | Request a copy

Abstract

Persaingan yang ketat pada lembaga keuangan baik perbankan, maupun non bank menuntut perusahaan untuk mempertahankan keunggulan bersaing seingga dapat bertahan, keputusan masyarakat dalam menempatkan simpanan sangat dipengaruhi oleh tingkat kepercayaan pada suatu lembaga keuangan. Lembaga keuanggan dipercaya berdasarkan performa yang terbentuk dari berbagai komponen antara lain : pertama , modal manusia yang dimiliki apakah dapat dipercaya dan menciptakan kenyamanan serta keamanan dana yang di percayakan oleh customer. Kedua, dukungan kepemimpinan pada lembaga keuangan dapat mempengaruhi proses kerja di suatu perusahaan . Ketiga , kemampuan lembaga keuangan dalam beradaptasi, mengadopsi atau menciptakan perubahan lingkungan baik internal maupun eksternal merupakan sarana pendukung untuk mempertahankan keeksistensian lembaga keuangan, semakin cepat adaptasi suatu lembaga keuangan maka terobosan inovasi akan dirasakan lebih cepat dan menjadi jembatan kepercayaan customer kepada lembaga keuangan sehingga dapat meningkatkan kinerja perusahaan. Penelitian ini menggunakan alat analisa SEM amos dengan persebaran kuesioner pada Kospin JASA, terdapat 88 data yang didapatkan dari persebaran kuesioner kepada pimpinan cabang , cabang pembantu dan kas baik kantor Kospin JASA Konvensional maupun Syariah hasil penelitian yang ditemukan yaitu: terdapat hasil positif pada dukungan kepemimpinan dan adaptabilitas perusahaan terhadap keunggulan bersaing , namun pada variabel keunggulan bersaing terhadap kinerja unit, modal manusia terhadap keunggulan bersaing , modal manusia terhadap kinerja unit dan adaptabilitas perusahaan terhadap kinerja unit, hasil yang didapatkan adalah negatif atau tidak ada pengaruh. Bersdasarkan hasil penelitian yang didapatkan dapat disimpulkan bahwa modal manusia pada Kospin JASA yang ada belum maksimal dalam meningkatkan keunggulan bersaing dan meningkatkan kinerja Kospin JASA, namun dengan adaptabilitas Kospin JASA terhadap perubahan baik ekternal maupun internal Kospin JASA dapat terus bertahan hinggan sekarang.
Keywords : Human Capital, Leadership Support, Company Adaptability, Competitive Advantage, Unit Performance, Modal Manusia, Dukungan Kepemimpinan, Adaptabilitas Perusahaan, Keunggulan Bersaing , Kinerja Unit.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Mohamad Sulamul Hadi
Date Deposited: 09 Jun 2022 03:56
Last Modified: 09 Jun 2022 03:56
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10804

Actions (login required)

View Item
View Item