PENGARUH KECUKUPAN MODAL, LIKUIDITAS, RISIKO KREDIT DAN EFISIENSI OPERASIONAL TERHADAP PROFITABILITAS BANK UMUM SYARIAH ( PERIODE JANUARI 2015 DESEMBER 2020)

PUTRI, Nabila Rahmadani Kusuma and GUNANTO, Edy Yusuf Agung,(22 March 2022), PENGARUH KECUKUPAN MODAL, LIKUIDITAS, RISIKO KREDIT DAN EFISIENSI OPERASIONAL TERHADAP PROFITABILITAS BANK UMUM SYARIAH ( PERIODE JANUARI 2015 DESEMBER 2020). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (314kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (196kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (315kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (549kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (525kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Bank Umum Syariah adalah lembaga keuangan yang menjalankan fungsinya sebagai penghimpun dan penyalur dana masyarakat menggunakan prinsip syariah dalam dunia Industri Perbankan Syariah. Tujuan dari fungsi Bank Umum Syariah adalah menunjang perekonomian dalam rangka pembangunan nasional sehingga disebut agent of development. Dalam mencapai tujuan tersebut, diperlukan kinerja baik dari Bank Umum Syariah yang dinilai berdasarkan Return on Asset (ROA). Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kecukupan modal yang digambarkan oleh Capital Adequacy Ratio (CAR), likuiditas yang digambarkan melalui Financing to Deposit Ratio (FDR), risiko kredit dengan rasio Non Performing Finance (NPF) dan efisiensi operasional dengan rasio Beban Operasional terhadap Pendapatan Operasional (BOPO) terhadap profitabilitas Bank Umum Syariah. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data bulanan Bank Umum Syariah periode Januari 2015 – Desember 2020 dengan teknik analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa CAR berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas Bank Umum Syariah. Variabel FDR dan BOPO berpengaruh negatif dan signifikan. Sedangkan NPF berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap profitabilitas Bank Umum Syariah.
Keywords : Capital Adequacy, Liquidity, Credit Risk, Operational Efficiency, Profitability., Kecukupan Modal, Likuiditas, Risiko Kredit, Efisiensi Operasional, Profitabilitas.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Depositing User: Nabila Rahmadani Kusuma Putri
Date Deposited: 16 Jun 2022 01:51
Last Modified: 16 Jun 2022 01:54
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10858

Actions (login required)

View Item
View Item