SYAIFULLAH, Jayhan and PERDHANA, Mirwan Surya,(29 June 2019), MENGINVESTIGASI RAHASIA BISNIS BERKELANJUTAN PADA USAHA KECIL JASA RESTORAN (Studi Kasus pada Restoran Adi’s Culinary Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (99kB)
Download (99kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (80kB)
Download (80kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (85kB)
Download (85kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (45kB)
Download (45kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (613kB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (613kB) | Request a copy
Abstract
Pertumbuhan restoran semakin berkembang di Jawa Tengah khususnya Kota
Semarang, tak lepas dari kesuksesan dalam pengelolaan bisnis. Restoran Adi’s Culinary
merupakan restoran yang terbilang sukses karena berdiri sudah lebih dari 15 tahun dan
omzet bulanan mencapai 450 juta rupiah. Permasalahan penelitian ini adalah: faktor-faktor
apa saja yang berkontribusi pada rahasia bisnis berkelanjutan usaha jasa Restoran Adi’s
Culinary. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini menganalisis, dan
mengungkap serta menjelaskan faktor yang berkontribusi terhadap rahasia bisnis
berkelanjutan bisnis jasa restoran. Nara sumber pada penelitian ini adalah pemilik
Restoran Adi’s Culinary. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dengan
format semi-struktur. Data dianalisis dengan melakukan transkripsi, reduksi dan verifikasi.
Hasil penelitian diketahui bahwa Restoran Adi’s Culinary merupakan restoran yang
bertemakan makanan barat dengan harga terjangkau dan dapat dinikmati sebagaimana
menikmati makanan di restoran bintang lima. Menu makanan berasal dari bahan-bahan
pilihan yang tepat dan melakukan kerjasama yang baik dengan para pemasok bahan.
Proses penciptaan menu melalui inovasi dan kreatifitas tinggi serta pengontrolan produksi
yang ketat agar cita rasa makanan tetap terjaga. Teknik pemasaran dilakukan melalui
media offline (menyebar leaflet atau brosur) dan online (media sosial dan website). Pemilik
restoran Adi’s selalu memantau keuangan, meliputi: total pendapatan, biaya bahan,
pendapatan kotor, arus kas, dan melakukan perencanaan ulang keuangan untuk
mengantisipasi hari liburnya mahasiswa. Karyawan yang bekerja dilatih dengan baik agar
dapat melayani pelanggan dengan memuaskan.
Keywords : | The Secret of Sustainable Business, and Restaurant Services, Rahasis Bisnis Berkelanjutan, dan Usaha Jasa Restoran |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Mohamad Sulamul Hadi |
Date Deposited: | 28 Jun 2022 04:20 |
Last Modified: | 28 Jun 2022 04:20 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10945 |