PENGARUH PENERAPAN GAMIFIKASI TERHADAP BRAND EQUITY PADA SHOPEE INDONESIA DENGAN BRAND ENGAGEMENT SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

AZZAHRA, Fathimah and KUSUMAWARDHANI, Amie,(17 June 2022), PENGARUH PENERAPAN GAMIFIKASI TERHADAP BRAND EQUITY PADA SHOPEE INDONESIA DENGAN BRAND ENGAGEMENT SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (28kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (6kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (6kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (165kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (258kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Seiringan dengan meningkatnya jumlah e-commerce yang berada di Indonesia menimbulkan persaingan yang tidak dapat dihindari dalam industri e-commerce. Hal tersebut menyebabkan marketplace di Indonesia terus bersaing untuk mendominasi pasar. Salah satu strategi yang dapat dilakukan marketplace untuk memenangkan persaingan adalah dengan cara meningkatkan brand engagement mereka yang kemudian akan meningkatkan brand equity. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan gamifikasi terhadap brand engagement dan brand equity pada Shopee Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 255 responden. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengguna fitur Shopee Games yang berdomisili di Kota Jakarta. Metode analisis yang digunakan adalah Structural Equation Model (SEM) dengan menggunakan program AMOS 26.0. Hasil yang diperoleh dalam penelitian menunjukkan bahwa penerapan gamifikasi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap brand engagement dan brand equity pada Shopee Indonesia, serta brand engagement memediasi hubungan gamifikasi dan brand equity secara parsial.
Keywords : Gamification, Brand Engagement, Brand Equity, e-commerce, Gamifikasi, Brand Engagement, Brand Equity, e-commerce
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Fathimah Azzahra
Date Deposited: 01 Jul 2022 03:34
Last Modified: 13 Jul 2022 07:06
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10970

Actions (login required)

View Item
View Item