HAMID, Mansyur Abdul and FERDINAND, Augusty Tae and INDRIANI, Farida,(15 June 2022), ERGO-AESTHETIC VALUE SUPERIORITY : SEBUAH PERSPEKTIF TEORI SDL UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN (Studi Empirik Pada UMKM Furniture Jawa Tengah). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (20kB)
Download (20kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (162kB)
Download (162kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (87kB)
Download (87kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (271kB)
Download (271kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (464kB)
Download (464kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (14MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (14MB) | Request a copy
Abstract
Tujuan utama inovasi adalah menciptakan sesuatu yang berbeda dari para
competitor di bidang yang sama. Jika ingin berinovasi pada produk yang
dihasilkan, tentu perusahaan harus memiliki sumber daya yang memadai serta
memiliki kemampuan inovasi dalam menawarkan ide-ide baru, pengetahuan,
proses kepada konsumen dengan nilai yang baik. Saat ini inovasi dianggap
sebagai solusi membangun kekuatan bisnis, karena perusahaan mampu
mendeskripsikan tantangan yang dihadapi sehingga berpengaruh pada daya saing
dan keberlangsungan perusahaan. Studi ini ini dilatar belakangi inkonsistensi
antara innovation capability dan kinerja pemasaran.
Penelitian ini memiliki tujuan yaitu mengeksplorasi konsep baru yang
diajukan dari model penelitian dalam menggambarkan upaya upaya meningkatkan
kinerja pemasaran melalui pendekatan teory yang relevan guna menyelesaikan
pemasalahan dalam penelitian ini dari teori Service Dominant Logic. Sintesa dari
konsep teori dan aplikatif nilai sebuah produk mampu menjelaskan nilai superior
yang nyaman dan memiliki nilai estetika (ergo aesthetic value superiority)
menjadi mediasi dalam menjembatani kesenjangan penelitian antara kemampuan
inovasi dan kinerja pemasaran.
Sampel dari penelitian ini adalah pelaku UKM Mebel/Furniture di
Provinsi Jawa Tengah dengan jumlah populasi 769 UKM. Teknik pengumpulan
data menggunakan Proportional Stratified random sampling. Penyebaran
kuesioner memperhatikan kriteria responden yang telah menjalankan kegiatan
bisnis minimal satu tahun. Kuesioner yang dianalisis adalah sebanyak 243
responden. Model penelitian ini sebanyak 6 variabel serta 26 indikator replektif.
Analisis data menggunakan Stuctural Equation Modeling (SEM) versi 24, dan
model partial dan mengukur kekuatan peran mediasi pada model penelitian ini.
Delapan hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini menunjukan pembuktian
secara empiris yaitu ada dua hipetesa yang di tolak yaitu pada hipĆ³tesis enam
semakin meningkat promosi berbasis nilai (Value Based promosi) oleh
perusahaan maka semakin tinggi kekuatan menggaungkan nilai (Value Resonance
Power) serta hipoetsis 7 yaitu semakin meningkat kekuatan menggaungkan nilai
(Value Resonance Power) maka maka semakin tinggi kinerja pemasaran
sedangkan 5 hipotesis lainnya pada uji empiris menunjukan nilai yang signifikan
diterima.
Studi ini juga, berhasil membuktikan bahwa model dan konsep yang
diajukan pada penelitian ini yaitu ergo aesthetic value superiority terbukti
memberikan pengaruh yang signifikan sebagai mediasi. Untuk menjawab
inkonklusif penelitian sebelumnya berhasil menunjukan perananya bahwa terbukti
berperan menjadi mediator antara kapabilitas inovatif terhadap kinerja pemasaran.
Hasil Studi ini juga menawarkan tiga alternatif strategi untuk meningkatkan
kinerja pemasaran. Pada implikasi manajerial selain fokus pada keunggulan nilai
superior yang nyaman dan bernilai estetika perusahaan harus memperhatikan
dukungan konstruk lain yang dapat mempengaruhi signifikansi kinerja pemasaran
Keywords : | Innovation Capability, Ergo-Aesthetic Value Superiority, Value base Selling Capability, Value-based Promotion, Value Resonance power, and Marketing Performance, Innovation Capability, Ergo-Aesthetic Value Superiority, Value base Selling Capability, Value based Promotion, Value Resonance power dan Marketing Performance |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (PhD) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | mansyur abdul hamid |
Date Deposited: | 04 Jul 2022 04:03 |
Last Modified: | 04 Jul 2022 07:34 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/11019 |