PERAN DIVIDEN DAN STRUKTUR KEPEMILIKAN DALAM MEMODERASI HUBUNGAN ANTARA ALIRAN KAS BEBAS DAN NILAI PERUSAHAAN

JUNIAS, Donny Teguh Santoso and ROHMAN, Abdul and CHARIRI, Anis,(July 2011), PERAN DIVIDEN DAN STRUKTUR KEPEMILIKAN DALAM MEMODERASI HUBUNGAN ANTARA ALIRAN KAS BEBAS DAN NILAI PERUSAHAAN. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjawab fenomena-fenomena yang terjadi baik fenomena teoritis maupun fenomena empiris mengenai potensi konflik internal terhadap aliran kas bebas perusahaan dan penggunaannya untuk kepentingan peningkatan nilai perusahaan. Konflik internal tersebut memerlukan suatu penyelesaian yang tepat sehingga tidak berdampak terhadap kegagalan perusahaan. Penelitian ini menguji peran dividen dan struktur kepemilikan (mayoritas dan manajerial) dalam memoderasi hubungan antara aliran kas bebas dan nilai perusahaan. Hasil penelitian ini diharapkan menghasilkan alternatif penyelesaian permasalahan aliran kas bebas dan peningkatan nilai perusahaan. Populasi data dalam penelitian ini adalah perusahaan-perusahaan yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia pada periode obeservasi tahun 2004-2008. Jumlah sampel penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah 1279 unit observasi. Tehnik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode probability/random sampling. Alat statistik untuk menguji hipotesis penelitian ini adalah pure-moderated regression analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aliran kas bebas berpengaruh negatif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Aliran kas bebas berpotensi menyebabkan kegagalan perusahaan sebagai akibat penurunan nilai perusahaan dan kinerja keuangan yang buruk. Hasil penelitian lainnya menunjukkan bahwa dividen dan kepemilikan manajerial memoderasi hubungan antara aliran kas bebas dan nilai perusahaan secara positif dan signifikan. Kepemilikan mayoritas memoderasi positif dan tidak signifikan terhadap hubungan antara aliran kas bebas dan nilai perusahaan. Oleh karena itu mekanisme dividen dan kepemilikan manajerial dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan aliran kas bebas dan peningkatan nilai perusahaan.
Keywords : Keywords : free cash flow, dividend, ownership structure, majority ownership, majority ownership, pure-moderated regression analysis, Kata Kunci : aliran kas bebas, dividen, struktur kepemilikan, kepemilikan mayoritas, kepemilikan manajerial, pure-moderated regression analysis.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (PhD)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Handri Herawati
Date Deposited: 25 Jul 2022 07:11
Last Modified: 25 Jul 2022 07:11
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/11202

Actions (login required)

View Item
View Item