DHAMERIA, Vita and GHOZALI, Imam,(23 May 2022), MEMBANGUN KEKUATAN JEJARING GREEN MARKETING GUNA MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN (STUDI EMPIRIK PADA UKM BATIK DI KABUPATEN CIREBON PROVINSI JAWA BARAT). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (33kB)
Download (33kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (84kB)
Download (84kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (8kB)
Download (8kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (67kB)
Download (67kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (252kB)
Download (252kB)
Text (Fulltex PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (4MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (4MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan teori strategi meningkatkan kinerja
pemasaran di UKM batik Kabupaten Cirebon Provinsi Jawa Barat. Teori strategi
dikembangkan berdasarkan analisis hubungan pengaruh positif inovasi produk,
kapabilitas penginderaan pasar, kapabilitas penginderaan pasar, kekuatan jejaring
green marketing terhadap kinerja pemasaran melalui studi empiris pada UKM
batik di Kabupaten Cirebon. Dikembangkan model empirik untuk menganalisis
hubungan tersebut. Model empirik dalam penelitian ini memiliki 6 hipotesis yang
dikembangkan berdasarkan teori tentang teori keunggulan sumber daya dan social
capital.
Model empirik dalam penelitian ini dianalisis secara statistik melalui SEM
(Structural Equation Modellling). Sampel dalam penelitian ini sebanyak 260
respoden yang merupakan pemilik, pengelola, pemiliki dan pengelola UKM batik
Cirebon. Berdasarkan hasil analisis SEM, model empiric dalam penelitian ini
menunjukkan baik (good fit).
Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa 6 hipotesis dapat diterima.
Hipotesis pertama dari hasil statistik untuk pengujian pengaruh inovasi produk
terhadap kekuatan jejaring green marketing menunjukan nilai C.R sebesar 4,360
dengan probabilitas sebesar 0,000 dengan demikian signifikansi probabilitas <
0,05, hipotesis pertama dapat diterima. Hipotesis ke dua dari hasil statistik untuk
pengujian pengaruh kapabilitas relasional terhadap kekuatan jejaring green
marketing menunjukan nilai C.R sebesar 4,037 dengan probabilitas sebesar 0,000
dengan demikian signifikansi probabilitas < 0,05, hipotesis kedua dapat diterima.
Hipotesis ke tiga dari hasil statistik untuk pengujian pengaruh kapabilitas
penginderaan pasar terhadap kekuatan jejaring green marketing menunjukan nilai
C.R sebesar 2,894 dengan probabilitas sebesar 0,004 dengan demikian
signifikansi probabilitas < 0,05, hipotesis ketiga dapat diterima. Hipotesis ke
empat dari hasil statistik untuk pengujian pengaruh kapabilitas relasional terhadap
kinerja pemasaran menunjukan nilai C.R sebesar 2,289 dengan probabilitas
sebesar 0,022 dengan demikian signifikansi probabilitas < 0,05, hipotesis ke
empat dapat diterima. Hipotesis ke lima dari hasil statistik untuk pengujian
pengaruh kapabilitas relasional penginderaan pasar terhadap kinerja pemasaran
menunjukan nilai C.R sebesar 3,029 dengan probabilitas sebesar 0,002 dengan
demikian signifikansi probabilitas < 0,05, hipotesis ke lima dapat diterima.
Keywords : | Product innovation, Relational Capability, Market Sensing Capability, The power of Green Marketing Network, Marketing Performance, Inovasi Produk, Kapabilitas Relasional, Kapabilits Penginderaan Pasar, Kekuatan Jejaring Green Marketing, Kinerja Pemasaran |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (PhD) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Vita Dhameria - |
Date Deposited: | 16 Aug 2022 03:08 |
Last Modified: | 16 Aug 2022 03:10 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/11365 |