WAHYUDI, Septian and FERDINAND, Augusty Tae and SUKRESNA, I Made,(8 November 2022), BIG-IMPACT INNOVATION, PENTINGKAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN INDUSTRI STARTUP DI INDONESIA? , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (28kB)
Download (28kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (84kB)
Download (84kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (98kB)
Download (98kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (112kB)
Download (112kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (441kB)
Download (441kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (4MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (4MB) | Request a copy
Abstract
Studi sebelumnya mengungkapkan bahwa semakin erat dan mengikat kemitraan
maka semakin meningkatkan kinerja pemasaran. Namun, masih ditemukan kemitraan
yang belum mampu meningkatkan kinerja pemasaran. Salah satu permasalahannya
adalah pendekatan kemitraan hanya berfokus pada percepatan pengembangan produk
dan teknologi tanpa memahami permintaan pasar, kebutuhan dan keinginan
pelanggan. Padahal, kebutuhan dan keinginan pelanggan merupakan titik awal bagi
perusahaan untuk menciptakan dan mengembangkan produk baru. Sehingga muncul
pertanyaan: bagaimana seharusnnya ekosistem kemitraan dapat meningkatkan kinerja
pemasaran? untuk menjawab pertanyaan tersebut kami mengambil perspektif teori
inovasi, teori inovasi adalah teori yang menekankan pada upaya R&D yang dilakukan
perusahaan secara konstan untuk menciptakan dan menyebarkan produk dan layanan
baru dengan mensinergikan sumberdaya internal dan eksternal perusahaan. Idealnya,
perusahaan harus menjaga keseimbangan antara hal-hal yang bersifat internal dan
faktor eksternal yang diperoleh dari kemitraan, terutama pada usaha rintisan berbasis
teknologi. Sinergi ini memungkinkan perusahaan tidak hanya mengembangkan dan
menciptakan produk baru, tetapi dapat meningkatkan dampak inovasi, karena
terciptanya inovasi yang bersumber dari keinginan dan kebutuhan pelanggan. Pada
akhirnya inovasi ini berpotensi menjadi daya tarik bagi pelanggan dan mendorong
pelanggan untuk beralih dari produk dan layanan lama, maka terjadi push dan pull
impact atau yang lebih dikenal dengan istilah big impact innovation, sebagai proses
untuk meningkatkan kinerja pemasaran. Kami menggunakan structural equation
modeling untuk menguji ke-tujuh hipotesis dalam penelitian ini. Hasilnya, ekosistem
kemitraan dengan pelanggan dan pemasok merupakan rutinitas R&D sebagai
antecedent yang penting bagi perusahaan untuk mengembangkan, menciptakan, dan
menyebarkan inovasi kepada pelanggan. Perspektif ini juga mendukung teori inovasi
yang diberikan oleh Schumpeter (1934) yang menjelaskan, ketika perusahaan
menemukan sumber pasokan baru dan cara baru mengelola bisnis yang diperoleh dari
kemitraan, maka perusahaan dapat meningkatkan dampak inovasi (misalnya, big
impact innovation). Hasil penelitian ini memperluas perspektif teori inovasi. Inovasi
bukan hanya difokuskan pada sains dan teknologi (faktor internal). Perspektif yang
lebih luas mencakup penciptaan inovasi melalui faktor eksternal seperti trend pasar,
kebutuhan dan keinginan pelanggan (market-driven). Inovasi harus memainkan peran
penting dalam transisi pelanggan menuju kebaruan yang dampaknya juga dapat
meningkatkan berbagai kemampuan perusahaan, seperti competitive maneuver ability
dan isolated marketing strategy move. Ketiga strategi ini secara positif mempengaruhi
kinerja pemasaran. Sepemahaman kami, penelitian ini adalah yang pertama
memperkenalkan peran big impact innovation, isolated marketing strategy move dan
competitive maneuver ability untuk meningkatkan kinerja pemasaran pada industri
startup digital
Keywords : | Partnership, BII, IMSM, CMA, marketing performance, Startup, Kemitraan, BII, IMSM, CMA, kinerja pemasaran, Usaha rintisan |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (PhD) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Septian Wahyudi - |
Date Deposited: | 03 Jan 2023 07:48 |
Last Modified: | 04 Jan 2023 01:55 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/12089 |