GARBASHANTY, Hirsalanov and SUDARYANTO, Budi,(20 January 2023), PENGARUH STRATEGI PRODUCT BUNDLING PADA PEMASARAN PERSONAL SELLING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PIZZA HUT DI KOTA SEMARANG. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (51kB)
Download (51kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (8kB)
Download (8kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (74kB)
Download (74kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (24kB)
Download (24kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (81kB)
Download (81kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi para pemilik usaha di semua sektor, terutama sektor food and beverages dalam mempertahankan bisnisnya di tengah pandemi Covid-19. Kondisi krisis seperti adanya wabah ini membuat para manajer memutar otak dan bersaing dalam memasarkan produknya supaya tetap bisa bertahan serta meraih pangsa pasar yang tinggi. Adapun yang menjadi masalah di dalam penelitian ini yaitu “Apakah faktor product bundling dan personal selling berpengaruh terhadap produk bundling Pizza Hut Kota Semarang yang dijual di pinggir jalan pada saat pendemi?”. Penelitian ini mencoba mencari tahu faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian pada produk bundling Pizza Hut khususnya pada masyarakat yang pernah membeli produk ini di pinggir jalan Kota Semarang saat pandemi Covid-19. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh dari masing-masing variabel yaitu product bundling (X1) dan personal selling (X2) terhadap keputusan pembelian (Y).
Dalam penelitian ini data dikumpulkan melalui metode kuesioner terhadap 125 orang responden yang pernah membeli produk bundling Pizza Hut di pinggir jalan Kota Semarang saat pandemi dengan menggunakan metode non probability sampling untuk mengetahui tanggapan responden terhadap tiap-tiap variabel. Kemudian dilakukan analisis terhadap data-data yang diperoleh berupa analisis kuantitatif. Analisis kuantitatif meliputi uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis melalui uji F dan uji t, serta uji analisis koefisien determinasi (R2). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda yang berfungsi untuk membuktikan hipotesis penelitian. Data-data yang telah memenuhi uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik diolah sehingga menghasilkan persamaan regresi sebagai berikut:
Y = 0,406 X1 + 0,469 X2
Hasil analisis mendapatkan bahwa kedua faktor yaitu product bundling dan personal selling memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa dua variabel independent yang diteliti terbukti secara signifikan mempengaruhi variabel dependen keputusan pembelian. Kemudian melalui uji F dapat diketahui bahwa variabel product bundling dan personal selling berpengaruh signifikan secara bersama-sama dalam keputusan pembelian. Angka Adjusted R square sebesar 0,714 menunjukkan bahwa 71,4% keputusan pembelian bisa dijelaskan oleh variabel product bundling dan personal selling. Sedangkan, sisanya yaitu sebesar 28,6% keputusan pembelian dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti lebih lanjut di dalam penelitian ini.
Kata kunci: product bundling, personal selling, keputusan pembelian.
Keywords : | Keywords: product bundling, personal selling, purchasing decisions., Kata kunci: product bundling, personal selling, keputusan pembelian. |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Hirsalanov Garbashanty |
Date Deposited: | 06 Feb 2023 03:30 |
Last Modified: | 06 Feb 2023 03:30 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/12186 |