MEASURING NON-PROFIT MARKETING STRATEGY PERFORMANCE: THE CASE OF WORLD WIDE FUND INDONESIA FROM PERCEPTIONS OUTSIDE THE ORGANIZATION

PERWITASARI, Ghazlina Putri and DIRGANTARA, I Made Bayu,(7 February 2023), MEASURING NON-PROFIT MARKETING STRATEGY PERFORMANCE: THE CASE OF WORLD WIDE FUND INDONESIA FROM PERCEPTIONS OUTSIDE THE ORGANIZATION. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Organisasi, baik profit maupun non-profit di era sekarang ini sudah banyak tersebar, di berbagai kalangan dengan berbagai tujuan. Beberapa organisasi itu banyak yang menyuarakan tentang pentingnya penjagaan terhadap lingkungan hidup termasuk di dalamnya hewan-hewan liar khususnya yang hampir punah. World Wide Fund (WWF) merupakan salah satu organisasi internasional yang tersebar di beberapa negara besar di dunia termasuk Indonesia yang mempunyai misi untuk melindungi lingkungan serta kehidupan didalamnya. Namun untuk menjalankan misi itu, tentu saja tiap organisasi ada strategi yang digunakan untuk memasarkan program atau produk mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris performa strategi pemasaran yang digunakan WWF Indonesia sebagaimana dipersepsikan dari orang-orang diluar organisasi. Penelitian ini menggunakan teori dasar pemasaran 7P terhadap strategi yang akan digunakan, yaitu strategi pemasaran secara edukasional dan strategi pemasaran secara finansial terhadap performa edukasi dan performa finansial. Penelitian ini dilakukan dengan menyebar kuesioner kepada para sampel. Uji analisis regresi linear berganda digunakan dalam penelitian ini. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran edukasional tidak berpengaruh secara langsung kepada performa edukasi maupun finansial meskipun memberikan respon positif. Strategi pemasaran finansial juga tidak berpengaruh secara langsung karena tidak memberikan hasil signifikan walaupun memberi hasil positif terhadap performa finansial itu sendiri. Namun terkait strategi pemasaran finansial yang menunjukkan efek ambigu terhadap performa edukasi, penelitian memberikan hasil signifikan serta positif.
Keywords : Non-profit Organization, Marketing, 7P Marketing, Educational Marketing Strategy, Financial Marketing Strategy, Educational Marketing Performance, Financial Marketing Performance, Nonprofit Organisasi, Pemasaran, 7P, Strategi Pemasaran Edukasional, Strategi Pemasaran Finansial, Performa Pemasaran Edukasi, Performa Pemasaran Finansial
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Ghazlina Putri Perwitasari
Date Deposited: 24 Feb 2023 06:56
Last Modified: 24 Feb 2023 06:56
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/12275

Actions (login required)

View Item
View Item