BISATYA, Sanggya Gana and SUKRESNA, I Made,(2 February 2023), PENGARUH IKLAN POP-UP DAN PERCEIVED INTRUSIVENESS TERHADAP BRAND AWARENESS DAN PENGHINDARAN IKLAN DENGAN ADVERTISEMENT VALUE SEBAGAI FAKTOR MODERASI (STUDI PADA PENGGUNA YOUTUBE). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (11kB)
Download (11kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (5kB)
Download (5kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (5kB)
Download (5kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (233kB)
Download (233kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (134kB)
Download (134kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui adakah pengaruh dari iklan
pop-up terhadap persepsi intrusif, pengaruh persepsi intrusif terhadap kesadaran
merek, pengaruh iklan terhadap penghindaran iklan, dan peran nilai iklan terhadap
penghindaran iklan di kalangan pengguna YouTube. Data primer yang digunakan
di penelitian ini didapatkan dari kuesioner pada 120 pengguna YouTube di kota
Semarang. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan Partial Least
Square (PLS). Hasil penelitian membuktikan jika Pop-up Ads mempunyai
pengaruh positif positif terhadap Perceived Intrusiveness. Perceived intrusiveness
mempunyai pengaruh positif terhadap ad avoidance. Perceived Intrusiveness
mempunyai pengaruh positif terhadap brand awareness. Perceived intrusiveness
mempunyai pengaruh positif terhadap penghindaran iklan. Pemrosesan data
membuktikan bahwa iklan pop-up secara bersamaan memengaruhi persepsi yang
mengganggu. Iklan pop-up memiliki format yang dapat mengganggu aktivitas
penggunaan YouTube, dan iklan cenderung dihindari oleh pengguna YouTube.
Persepsi yang mengganggu secara bersamaan memengaruhi kesadaran merek.
Sikap, perilaku dan persepsi pengguna YouTube bereaksi negatif terhadap iklan
sehingga menghindarinya, karena gangguan dari iklan tersebut. Perceived
Intrusiveness secara simultan berpengaruh terhadap brand awareness. Hal ini
didasarkan pada gagasan bahwa seiring berjalannya waktu, konsumen akan
mempunyai sikap lebih positif terhadap merek produk yang mereka ingat, terlepas
dari apakah mereka menyukai iklan tersebut pada awalnya atau tidak. Persepsi
intrusif secara simultan berpengaruh terhadap penghindaran iklan dengan nilai iklan
sebagai variabel mediasi.
Keywords : | Pop-up Ads, Perceived Intrusivness, Ads Avoidance, Advertisement Value, Brand Awareness., iklan pop-up, gangguan iklan, penghindaran iklan, nilai iklan, kesadaran brand |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Sanggya Gana Bisatya |
Date Deposited: | 27 Mar 2023 03:09 |
Last Modified: | 14 Apr 2023 02:41 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/12374 |