“THE INFLUENCE OF EWOM VIA TIKTOK APPLICATION TOWARDS PURCHASE INTENTION (STUDY ON ERIGO APPAREL IN INDONESIA)”

EFENDI, Muhammad Dafa Bagus and CAHYANINGRATRI, Cahyaningratri,(24 March 2023), “THE INFLUENCE OF EWOM VIA TIKTOK APPLICATION TOWARDS PURCHASE INTENTION (STUDY ON ERIGO APPAREL IN INDONESIA)”. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (4MB)
[thumbnail of Abestrak (Inggris)] Text (Abestrak (Inggris)) - Published Version
Download (4MB)
[thumbnail of Abestrak (Indonesia)] Text (Abestrak (Indonesia)) - Published Version
Download (4MB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (4MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (4MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Saat ini perkembangan dunia fashion di Indonesia menunjukkan pertumbuhan yang sangat pesat, khususnya brand fashion lokal Indonesia. Hal ini terlihat dengan banyaknya bermunculan merek-merek fashion lokal yang digandrungi masyarakat Indonesia. Tak kalah dengan brand global yang masuk ke Indonesia, brand lokal semakin menunjukkan eksistensinya. Erigo Apparel merupakan brand lokal yang keberadaannya diketahui masyarakat melalui media sosial yaitu TikTok. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas informasi, kuantitas informasi, kredibilitas informasi, kegunaan informasi dan adopsi informasi terhadap niat beli merek Erigo Apparel melalui aplikasi TikTok sebagai media eWOM. Theory Information Adoption Model (IAM) digunakan dalam penelitian ini karena bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari TikTok sbagai aplikasi eWOM terhadap meningkatkan purchase intention Erigo Aparel. Penelitian sebelumnya menggunakan teori ini untuk menguji pengaruh dari eWOM melalui TikTok untuk meningkatkan purchase intention brand skincare di indonesia. Survei ini menggunakan 120 sampel responden konsumen Erigo Apparel di Indonesia yang berusia 17 tahun ke atas, dengan pengeluaran bulanan responden mulai dari Rp 1.000.000 ke atas. Kuesioner online digunakan untuk mengumpulkan informasi. Pendekatan analisis penelitian ini adalah Partial Least Square Structural Equation Modelling (PLSSEM) dengan menggunakan SmartPLS 3.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kualitas Informasi berpengaruh signifikan dan positif terhadap Kegunaan Informasi. Kemudian, Kuantitas Informasi secara signifikan dan positif mempengaruhi Kegunaan Informasi. Selain itu, Kegunaan Informasi secara signifikan dan positif mempengaruhi Adopsi Informasi. Selanjutnya, Kegunaan Informasi secara signifikan dan positif mempengaruhi Kredibilitas Informasi. Selanjutnya, Information Adoption berpengaruh signifikan dan positif terhadap Purchase Intention. Terakhir, Kredibilitas Informasi berpengaruh tidak signifikan terhadap Minat Beli
Keywords : eWOM, Theory Information Adoption Model (IAM), Information Quality, Information Quantity, Information Credibility, Information Usefulness, Information Adoption and Purchase Intention., eWOM, Theory Information Adoption Model (IAM), Kualitas Informasi, Kuantitas Informasi, Kredibilitas Informasi, Kegunaan Informasi, Adopsi Informasi dan Niat Beli.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: dafa bagus efendi
Date Deposited: 30 Mar 2023 03:29
Last Modified: 30 Mar 2023 03:29
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/12403

Actions (login required)

View Item
View Item