PERAN CORPORATE GOVERNANCE DALAM MEMODERASI PENGARUH STRUKTUR MODAL, COMPANY AGE DAN FIRM SIZE TERHADAP PROFITABILITAS PERBANKAN (Studi Pada Perbankan yang Terdaftar di BEI Tahun 2015-2021)

KHARISMA, Amilia Putri and PANGESTUTI, Irene Rini Demi,(21 March 2023), PERAN CORPORATE GOVERNANCE DALAM MEMODERASI PENGARUH STRUKTUR MODAL, COMPANY AGE DAN FIRM SIZE TERHADAP PROFITABILITAS PERBANKAN (Studi Pada Perbankan yang Terdaftar di BEI Tahun 2015-2021). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (192kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (287kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (189kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (386kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (525kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Profitabilitas merupakan hasil dari semua kegiatan atau aktivitas perusahaan yang menjadi tolak ukur dari keberhasilan sebuah perusahaan. Informasi profitabilitas dapat dilihat melalui laporan keuangan. Upaya dalam mendapatkan profitabilitas yang baik tentu membutuhkan corporate governance, dengan alasan disebabkan karena perusahaan dengan corporate governance yang baik akan lebih disukai oleh investor maupun kreditur, karena corporate governance memiliki fungsi pengawasan dalam perusahaan,sehingga kepentingan antara pengelola dan pemilik perusahaan akan sama-sama tercapai. Pada penelitian ini bertujuan untuk menguji bagaimana peran corporate governance dalam memoderasi pengaruh struktur modal proksi debt to equity ratio, company age dan firm size terhadap profitabilitas (ROA) pada perbankan yang terdaftar di BEI Tahun 2015-2021. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif dengan data sekunder. Penentuan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling, kriteria sampel penelitian ini adalah (a) Perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2021, (b) Perusahaan perbankan di Bursa Efek Indonesia menerbitkan laporan keuangan lengkap tahun 2015-2021. Alat analisis penelitian menggunakan sofwhare SPSS 25,00 dengan metode Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil penelitian menunjukan debt to equity ratio tidak berpengaruh terhadap profitabilitas (ROA) dengan nilai siq. sebesar 0,351 (H1 ditolak). Company age tidak berpengaruh terhadap profitabilitas nilai siq. sebesar 0,467 (H2 ditolak). Ada pengaruh signifikan positif firm size terhadap profitabilitas nilai sig. sebesar 0,000 (H3 diterima). Ada pengaruh signifikan debt to equity ratio terhadap profitabilitas dimoderasi komite audit nilai siq. sebesar 0,046 (H4 diterima). Company age tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas dengan moderasi komite audit nilai siq. sebesar 0,202 (H5 ditolak). Ada pengaruh signifikan firm size terhadap profitabilitas dimoderasi komite audit nilai siq. sebesar 0,046 (H6 diterima). Pada uji-f kelayakan model persamaan pertama nilai f-hitung 56,904 dengan nilai sig. 0,000. Uji-f persamaan kedua nilai f-hitung sebesar 31,326 dengan nilai sig.0,000. Hasil uji detirminasi persamaan 1 nilai (adjusted R²) sebesar 0,501, debt to equity ratio, company age dan firm size dapat menjelaskan Profitabilitas (ROA) sebesar 50,1% dan sisanya 49,9%. Uji diterminasi persamaan 2 nilai (adjusted R²) setelah adanya moderasi sebesar 0,521 artinya variasi dari variabel debt to equity ratio, company age, firm size dan komite audit dapat menjelaskan Profitabilitas (ROA) sebesar 52,1% dan sisanya 47,9% diterangkan variabel lain diluar dari penelitian ini.
Keywords : Debt To Equity Ratio,Companyages, Firm Sizeand Profitability Audit Committee (ROA), Debt To Equity Ratio, Company Age, Firm Size dan Komite Audit Profitabilitas (ROA)
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Amilia Putri Kharisma
Date Deposited: 05 Apr 2023 04:30
Last Modified: 05 Apr 2023 06:54
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/12464

Actions (login required)

View Item
View Item