ANALISIS PENYALAHGUNAAN ASET DI TEMPAT KERJA MENGGUNAKAN S.C.O.R.E. MODEL: PERAN MODERASI DARI INTEGRITAS (Studi pada Pemerintah Kota Tegal)

NURFITRIANI, Ade Febry and JULIARTO, Agung,(1 March 2023), ANALISIS PENYALAHGUNAAN ASET DI TEMPAT KERJA MENGGUNAKAN S.C.O.R.E. MODEL: PERAN MODERASI DARI INTEGRITAS (Studi pada Pemerintah Kota Tegal). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (23kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (6kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (7kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (135kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (78kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Fraud saat ini memang tidak bisa dihindari dalam berbagai kondisi, baik sektor keuangan maupun sektor non keuangan. Fraud sering terjadi pada perusahaan atau instansi pemerintah dan jenis fraud yang sering dijumpai ialah penyalahgunaan aset. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis penyalahgunaan aset ditempat kerja menggunakan S.C.O.R.E model. Selain itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh integritas sebagai variabel moderasi terhadap penyalahgunaan aset antara tekanan, kemampuan, kesempatan, rasionalisasi, dan ego. Penelitian ini dilakukan menggunakan data primer dengan membagikan kuesioner dengan indikator pertanyaan sesuai dengan variabel penelitian. Pengukuran variabel menggunakan skala likert yang terdiri 1 sampai dengan 5. Partisipasi dari penelitian ini adalah 136 Pegawai Negri Sipil di 22 Organisasi Pemerintah Daerah Kota Tegal. Statistik yang digunakan adalah dengan alat analisis SmartPLS v.3.2.8 dan menggunakan pendekatan bootstrapping dalam pengujian statistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tekanan dan rasionalisasi berpengaruh positif terhadap penyalahgunaan aset. Sementara itu kemampuan dan kesempatan berpengaruh negatif terhadap penyalahgunaan aset. Adapun ego tidak berpengaruh terhadap penyalahgunaan aset. Hasil lain menunjukkan bahwa integritas memiliki efek moderasi untuk mengurangi hubungan kesempatan dan rasionalisasi terhadap penyalahgunaan aset. Penelitian ini juga menemukan bahwa integritas tidak memiliki efek moderasi pengaruh tekanan, kemampuan, dan ego terhadap penyalahgunaan aset.
Keywords : Pressure, Capability, Opportunity, Rationalization, Ego, Integrity and Assets Misappropriation., Tekanan, Kemampuan, Kesempatan, Rasionalisasi, Ego, Integritas dan Penyalahgunaan Aset.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Ade Febry
Date Deposited: 06 Apr 2023 02:56
Last Modified: 06 Apr 2023 04:43
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/12467

Actions (login required)

View Item
View Item