PENGARUH PERSEPSI, KESADARAN SOSIAL LINGKUNGAN, DAN SOCIAL INFLUENCE TERHADAP NIAT BELI PAKAIAN BEKAS PADA KONSUMEN KOTA SEMARANG

DEWI, Dian Novita Nirmala and DIRGANTARA, I Made Bayu,(3 May 2023), PENGARUH PERSEPSI, KESADARAN SOSIAL LINGKUNGAN, DAN SOCIAL INFLUENCE TERHADAP NIAT BELI PAKAIAN BEKAS PADA KONSUMEN KOTA SEMARANG. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (218kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (202kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (202kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (334kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (439kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Fenomena thrifting meningkat, terutama di masa pandemi ini. Bahkan kini sudah menjadi gaya hidup baru bagi generasi muda. Krisis ekonomi yang diperparah oleh pandemi virus corona berdampak signifikan pada praktik konsumsi pakaian, karena penurunan daya beli sebagian besar penduduk Indonesia, mengakibatkan meningkatnya permintaan akan produk dengan harga yang lebih terjangkau. Thrifting dapat menjadi solusi hemat di bidang ekonomi. Dimana mereka bisa membeli baju berkualitas dengan harga yang lebih terjangkau. Tak hanya itu, Milenial dan Generasi Z yang juga merupakan populasi terbesar sebagai pelaku fenomena thrifting ini juga menggemakan isu lingkungan dalam menjelaskan perilaku mereka. Hal ini berarti bahwa minat konsumen terhadap pakaian bekas cukup tinggi walaupun konsumen sadar bahwa produk yang dijual merupakan produk bekas dan adanya resiko yang mungkin ditimbulkan. Berdasarkan hal tersebut, tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis persepsi konsumen tentang pakaian bekas dan apakah faktor persepsi, kesadaran lingkungan, dan social influence menjadi faktor yang mendorong minat konsumen untuk membeli produk pakaian bekas meskipun mereka telah mengetahui risiko yang ada. Populasi dalam penelitian ini merupakan orang-orang yang memiliki niat atau pernah membeli pakaian bekas yang berdomisili di Kota Semarang. Jumlah sampel yang digunakan adalah 104 responden dan pengambilan sampel dengan metode purposive sampling. Lalu data diolah menggunakan SPSS 21 dan SmartPLS 4.0.8.9. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Persepsi, Kesadaran sosial lingkungan, dan Social Influence berpengaruh positif terhadap niat beli konsumen di Kota Semarang pada pakaian bekas.
Keywords : Perception, Environmental Social Awareness,Ssocial Influence, Purchase Intention, and second hand clothes., Persepsi, Kesadaran Sosial Lingkungan, Niat Beli, dan Pakaian Bekas.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Dian Novita Nirmala Dewi
Date Deposited: 06 Jun 2023 08:41
Last Modified: 07 Jun 2023 02:15
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/12576

Actions (login required)

View Item
View Item