PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI

PRIMADY, Ganang Radityo and WAHYUDI, Sugeng,(13 January 2015), PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16.S-Fulltext PDF Bookmarks-C2A 008067.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Dalam suatu Negara, perusahaan memiliki fungsi sebagai salah satu penggerak perekonomian. Sedangkan persahaan di lain pihak juga memiliki dampak atas kegiatan usahanya. Kepedulian sosial dipandang menjadi konsukuensi atas perusahaan terhadap lingkungan sekitar agar memiliki nilai yang positif di mata masyarakat. Sementara itu, nilai suatu perusahaan bagi pihak yang ingin menanamkan modal, ditinjau dari profitabilitas semata. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh dari Corporate Social Responsibility dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan dengan kepemilikan Manajerial sebagai Variabel Pemoderasi. Penelitian ini diambil karena masih terdapat perbedaan hasil penelitian dari penelitian yang terdahulu antara penelitian satu dengan penelitian yang lain. Penelitian ini menggunakan data sekunder. Sedangkan untuk teknik sampling menggunakan teknik purposive sampling yang diambil dari ICMD dan laporan tahunan dari Indonesia Stock Exchangedengan menyertakan 32 perusahaan yang memenuhi kriteria penelitian selama kurun waktu 2011- 2013. Metode analisis yang digunakan dengan model regresi berganda dan regresi moderasi. Dengan menggunakan analisis regresi berganda, maka dapat diketahui bahwa corporate social responsibility tidak memiliki pengaruh terhadap nilai perusahaan, profitabilitas yang diproksikan oleh ROA memiliki pengaruh positif signifikan sedangkan ROE tidak mempengaruhi nilai perusahaan. nilai R square sebesar 15,2%. Setelah diberikan variabel pemoderasi yang dianalisis dengan analisis regresi moderasi menghasilkan corporate social responsibility tetap tidak memiliki pengaruh terhadap nilai perusahaan, ROA tetap memiliki pengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan hanya saja tingkat signifikansi turun sebesar 0,2% , ROE tidak memiliki pengaruh, kepemilikan manajerial sebagai variabel pemoderasi mampu menurunkan pengaruh dari ROA. Nilai adjusted R square meningkat menjadi 15,3% setelah diberikan variabel pemoderasi. Nilai perusahaan diproksikan dengan Price Book Value.
Keywords : Corporate Social Responsibility, Profitabilitas, Price Book Value, Kepemilikan manajerial., UNSPECIFIED
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Mohamad Sulamul Hadi
Date Deposited: 03 Jan 2020 09:22
Last Modified: 03 Jan 2020 09:22
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/1264

Actions (login required)

View Item
View Item