ANALYSING THE IMPACT OF GREEN MARKETING STRATEGIES TOWARDS CUSTOMERS PURCHASE INTENTION WITH ENVIRONMENTAL ATTITUDE AS A MODERATOR VARIABLE (Study on Curtin University Australia Students)

NARESWARI, Nidya and CAHYANINGRATRI, Cahyaningratri,(23 June 2023), ANALYSING THE IMPACT OF GREEN MARKETING STRATEGIES TOWARDS CUSTOMERS PURCHASE INTENTION WITH ENVIRONMENTAL ATTITUDE AS A MODERATOR VARIABLE (Study on Curtin University Australia Students). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu masalah lingkungan muncul dari konsumsi produk rumah tangga yang berlebihan yang didorong oleh pemasaran. Menerapkan pendekatan pemasaran hijau dapat mengatasi masalah lingkungan dan meningkatkan daya saing bisnis. Namun, sikap dan kemauan konsumen untuk membeli dan mempromosikan produk hijau bervariasi. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji hubungan antara alat Pemasaran Hijau seperti, Kemasan Hijau, Ekolabel, dan Harga Hijau terhadap Minat Beli. Selain itu, penelitian ini juga mengkaji peran moderasi Sikap Lingkungan. Untuk menguji hubungan antara Kemasan Hijau, Ekolabel, Harga Hijau, Sikap Lingkungan, Minat Beli, dikembangkan kerangka penelitian berdasarkan Theory of Planned Behavior dan Teori Pemasaran Hijau. Penelitian ini menggunakan 114 sampel dari mahasiswa S1 aktif di Curtin University, Australia. Proses pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner online. Pendekatan analisis yang adopsi dalam penelitian ini adalah Partial Least Square Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dengan memanfaatkan SmartPLS 4.0. Studi ini mengungkapkan bahwa Kemasan Hijau, Ekolabel, Harga Hijau berdampak positif dan signifikan terhadap Minat Beli. Sikap Lingkungan secara signifikan memoderasi hubungan antara Ekolabel dan Minat Beli, sedangkan Sikap Lingkungan tidak memoderasi hubungan antara Kemasan Hiaju dan Minat Beli. Selain itu, Sikap Lingkungan memiliki pengaruh positif tetapi tidak signifikan dalam hubungan antara Harga Hijau dan Minat Beli. Rekomendasi dan saran disediakan untuk bisnis dan organisasi untuk meningkatkan dan mempromosikan praktik pemasaran hijau mereka. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memperluas cakupan penelitian pemasaran hijau.
Keywords : Green Marketing, Green Packaging, Eco-labelling, Green Pricing, Environmental Attitude, Purchase Intention, Pemasaran Hijau, Kemasan Hijau, Ekolabel, Harga Hijau, Sikap Lingkungan, Minat Beli
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Nidya Nareswari
Date Deposited: 27 Jun 2023 07:43
Last Modified: 27 Jun 2023 07:43
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/12739

Actions (login required)

View Item
View Item