PURBA, Kesia Athania and DEWAYANTO, Totok,(16 June 2023), PENERAPAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE, MACHINE LEARNING DAN DEEP LEARNING PADA KURIKULUM AKUNTANSI - A SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (212kB)
Download (212kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (184kB)
Download (184kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (185kB)
Download (185kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (196kB)
Download (196kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (477kB)
Download (477kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pentingnya penerapan artificial intelligence, machine learning dan deep learning dalam kurikulum akuntansi di lembaga pendidikan akuntansi berdasarkan artikel penelitian yang dipublikasikan. Penelitian ini juga bertujuan mengeksplorasi celah dalam ilmu pengetahuan untuk mengembangkan studi akademis di masa depan. Penelitian ini menggunakan metode systematic literature review (SLR) untuk menganalisis berbagai artikel yang terpublikasi pada jurnal akademik yang terindeks dalam Scopus yang terbit pada tahun 2020 hingga 2023. Artikel disaring menggunakan kata kunci yang ditentukan yang diperoleh dari berbagai jurnal peringkat teratas sehingga ditemukan sebanyak dua puluh artikel yang ditinjau. Metode SLR digunakan untuk menelaah topik/tema, hasil, metodologi, rekomendasi dan batasan artikel artikel yang diterbitkan. Hasil analisis memberi bukti bahwa lembaga pendidikan akuntansi perlu mengikuti perkembangan teknologi digital terkini sehingga calon akuntan yang dihasilkan memiliki keterampilan teknologi yang baik. Sejalan dengan kemungkinan perubahan keterampilan akuntansi yang dibutuhkan di masa depan, akuntan harus berusaha menghadapi perubahan yang dibawa oleh teknologi. Teknologi baru seperti artificial intelligence, machine learning dan deep learning harus diadopsi untuk memaksimalkan peluang yang akan diperoleh di tahun-tahun mendatang. Temuan ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang substansial pada lembaga pendidikan dalam menyesuaikan kurikulum akuntansi dengan perkembangan digital untuk menghasilkan lulusan akuntansi yang mampu bersaing di pasar tenaga kerja.
Keywords : | artificial intelligence, machine learning, deep learning, accounting curriculum, SLR, artificial intelligence, machine learning, deep learning, kurikulum akuntansi, SLR |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Akuntansi |
Depositing User: | Kesia Athania Purba |
Date Deposited: | 03 Jul 2023 01:37 |
Last Modified: | 03 Jul 2023 01:37 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/12744 |