KUSUMANINGRUM, Arista and MEIRANTO, Wahyu,(9 February 2023), ANALISIS METODE UTAUT2 UNTUK MENJELASKAN PERILAKU KONSUMEN DALAM MENGGUNAKAN E-COMMERCE DI KALANGAN MAHASISWA AKUNTANSI UNIVERSITAS DIPONEGORO. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (67kB)
Download (67kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (117kB)
Download (117kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (45kB)
Download (45kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (84kB)
Download (84kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (122kB)
Download (122kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Teori konsumen yang dipergunakan dalam penelitian ini yaitu Theory of Planned Behavior (TPB), sebuah metode psikologi konsumen dan dikemukakan oleh Ajzen (1991). Theory of Planned Behavior merupakan teori yang berdasar pada asumsi jika suatu individu akan berperilaku pantas atau selayaknya. Terdapat tiga faktor yang memengaruhi niat perilaku dalam Theory of Planned Behavior yakni, sikap terhadap perilaku, norma subyektif, dan kontrol perilaku yang dijumpai.
Selain TPB, penelitian ini juga bertujuan untuk menganalisis faktor yang terdapat dalam teori UTAUT2 untuk menjelaskan perilaku konsumen dalam menggunakan e-commerce di kalangan mahasiswa akuntansi Universitas Diponegoro. Penelitian ini menguji beberapa variabel yang ada dalam teori UTAUT2 seperti, ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha, pengaruh sosial, kondisi yang memfasilitasi, motivasi hedonisme, dan kebiasaan untuk mengetahui apa saja yang memengaruhi niat perilaku dan perilaku penggunaan dalam teknologi e-commerce.
Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kuantitatif dengan populasi yang digunakan ialah mahasiswa pengguna e-commerce dalam aplikasi Shopee di Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro. Terdapat 109 responden mengisi kuesioner secara lengkap melalui google form yang dibagikan secara daring melalui media sosial. Alat yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitain ini yakni berupa Partial Least Square.
Hasil dari kerangka konseptual dalam penelitian ini menunjukkan bahwa, ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha, dan kebiasaan memberikan pengaruh terhadap niat perilaku mahasiswa dalam menggunakan e-commerce. Selanjutnya, untuk kondisi yang memfasilitasi, kebiasaan dan niat perilaku memengaruhi perilaku penggunaan e-commerce di kalangan mahasiswa. Faktor-faktor lain seperti, pengaruh sosial, kondisi yang memfasilitasi, dan motivasi hedonisme terbukti tidak berpengaruh terhadap niat perilaku mahasiswa dalam menggunakan e-commerce.
Keywords : | online shopping, TPB, UTAUT, UTAUT2, perilaku konsumen, e-commerce, online shopping, TPB, UTAUT, UTAUT2, perilaku konsumen, e-commerce |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Akuntansi |
Depositing User: | Arista Kusumaningrum |
Date Deposited: | 04 Jul 2023 04:51 |
Last Modified: | 04 Jul 2023 04:54 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/12807 |