PENGARUH PROMOSI, KUALITAS LAYANAN APLIKASI PEGADAIAN SYARIAH DIGITAL SERVICE, PERSEPSI PENDAPATAN, DAN PERSEPSI HARGA EMAS TERHADAP MINAT GENERASI MILENIAL DAN Z PADA PRODUK TABUNGAN EMAS PEGADAIAN SYARIAH

AN'AM, Muhammad Qoirul and FITRIA, Shoimatul,(15 June 2023), PENGARUH PROMOSI, KUALITAS LAYANAN APLIKASI PEGADAIAN SYARIAH DIGITAL SERVICE, PERSEPSI PENDAPATAN, DAN PERSEPSI HARGA EMAS TERHADAP MINAT GENERASI MILENIAL DAN Z PADA PRODUK TABUNGAN EMAS PEGADAIAN SYARIAH. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Full Text PDF Bookmarks] Text (Full Text PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Minat menabung emas di Pegadaian Syariah mengalami tren peningkatan ditengah kondisi resesi ekonomi. Jumlah nasabah tabungan emas Pegadaian Syariah tercatat 831.000 nasabah per Juni 2021, naik 33,07 persen secara tahunan (yoy) dan 6,22 persen sejak awal tahun (ytd). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh promosi, kualitas layanan Aplikasi Pegadaian Syariah Digital Service, persepsi pendapatan, dan persepsi harga emas terhadap minat menabung emas generasi milenial dan Z pada produk tabungan emas Pegadaian Syariah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sumber data pada penelitian ini berasal dari data primer dan sekunder. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden yang dihitung dengan rumus Slovin. Metode pengumpulan sampel menggunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah penyebaran kuesioner secara online. Metode analisis dari penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan program SPSS 23 yang sebelumnya telah lolos uji asumsi klasik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa promosi berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap minat menabung emas. Lalu, kualitas layanan Aplikasi PSDS berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung emas. Sedangkan persepsi pendapatan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap minat menabung emas. Persepsi harga emas berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap minat menabung emas. Promosi, kualitas layanan Aplikasi PSDS, persepsi pendapatan, dan persepsi harga emas secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung emas.
Keywords : Promotion, Service Quality of PSDS Application, Income Perception, Gold Price Perception, Interest in Saving Gold, Promosi, Kualitas Layanan Aplikasi PSDS, Persepsi Pendapatan, Persepsi Harga Emas, Minat menabung Emas
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Depositing User: Muhammad Qoirul An'am
Date Deposited: 05 Jul 2023 01:08
Last Modified: 05 Jul 2023 01:08
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/12847

Actions (login required)

View Item
View Item