PENGARUH E-WOM , PERCEIVED RISK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN INFORMATION QUALITY SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA KOSUMEN TOKOPEDIA

IDROES, Said Pasha Arrafie and KUSUMAWARDHANI, Amie,(5 July 2023), PENGARUH E-WOM , PERCEIVED RISK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN INFORMATION QUALITY SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA KOSUMEN TOKOPEDIA. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tokopedia, platform e-commerce terkemuka di Indonesia, telah mengalami penurunan jumlah kunjungan dari tahun 2018 hingga 2020. Penurunan ini mencerminkan tantangan dalam mempengaruhi keputusan pembelian konsumen di platform tersebut. Untuk mengatasi masalah ini, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh E-WOM (Word of Mouth Elektronik) dan perceived risk terhadap keputusan pembelian, dengan Information Quality sebagai variabel intervening, pada konsumen Tokopedia. Penelitian ini menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) dengan melibatkan 200 responden dari kota Jabodetabek. Hipotesis penelitian didasarkan pada Theory of Reasoned Action. Hasil analisis menunjukkan bahwa E-WOM memiliki pengaruh positif terhadap Information Quality, sesuai dengan Theory Reasoned Action yang menyatakan bahwa sikap positif individu terhadap suatu produk atau layanan dapat dipengaruhi oleh informasi yang diperoleh dari orang lain. Selain itu, perceived risk juga memiliki pengaruh positif terhadap Information Quality, yang menunjukkan bahwa kekhawatiran konsumen terkait risiko dapat memengaruhi persepsi mereka terhadap kualitas informasi yang diberikan oleh Tokopedia. Penelitian ini juga menemukan bahwa perceived risk memiliki pengaruh negatif terhadap keputusan pembelian, sedangkan E-WOM dan Information Quality memiliki pengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Hasil temuan ini memberikan wawasan penting bagi Tokopedia dalam mengembangkan strategi pemasaran yang lebih efektif, termasuk meningkatkan kualitas informasi yang disediakan kepada konsumen dan mengurangi risiko yang dirasakan oleh konsumen. Dengan demikian, penelitian ini memberikan kontribusi untuk meningkatkan keputusan pembelian konsumen di platform Tokopedia.
Keywords : E-WOM,Perceived Risk,Information Quality,Purchase Decision, Theory of Reasoned Action., E-WOM,Perceived Risk,Information Quality,Keputusan Pembelian, Theory of Reasoned Action.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Said Pasha Arrafie Idroes
Date Deposited: 06 Jul 2023 04:45
Last Modified: 06 Jul 2023 04:45
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/12905

Actions (login required)

View Item
View Item