ROOSDHANI, Mohamad Rifqy and FARIDA, Naili and INDRIANI, Farida,(12 June 2023), MEMBANGUN KINERJA PEMASARAN DENGAN KUALITAS KOMUNIKASI PEMASARAN REFERAL PADA SOCIAL COMMERCE. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (97kB)
Download (97kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (143kB)
Download (143kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (86kB)
Download (86kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (98kB)
Download (98kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (326kB)
Download (326kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah membawa
dampak signifikan terhadap berbagai aspek kehidupan manusia, termasuk perilaku
dalam berbelanja. Saat ini, banyak orang lebih memilih berbelanja secara online
melalui internet dengan menggunakan website atau aplikasi smartphone,
dibandingkan dengan belanja secara konvensional.
Perubahan ini menciptakan tantangan baru bagi pemasar untuk memanfaatkan
potensi internet dalam meningkatkan bisnis mereka. Seiring dengan
perkembangan internet, kesempatan untuk melakukan berbagai jenis dan bidang
usaha pun semakin terbuka lebar. Oleh karena itu, pengusaha yang ingin sukses
harus mampu beradaptasi dengan perubahan ini dan memanfaatkan internet untuk
memperluas jangkauan pasar mereka.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan model konseptual
baru yang menjelaskan cara meningkatkan kinerja pemasaran dengan
menggunakan teori yang relevan. Dalam penelitian ini, teori Service Dominant
Logic dan teori komunikasi digunakan sebagai dasar untuk menjelaskan dan
menyelesaikan permasalahan yang teridentifikasi. Dalam mengatasi kesenjangan
penelitian, penelitian ini mengusulkan sebuah model konseptual baru dengan
variabel mediasi yang disebut Referral Marketing Communication Quality. Model
konseptual ini dapat menjelaskan pengaruh antara Social Commerce Capability
pada kinerja pemasaran. Penelitian ini memiliki kebaruan dalam mengembangkan
sebuah model konseptual baru dan menggunakan variabel mediasi untuk
menjelaskan hubungan antara variabel yang terlibat.
Penelitian ini melibatkan 240 pelaku usaha UMKM makanan dan
minuman di Surakarta (Solo), Kota Semarang, Kab. Semarang, Kab. Kudus dan
Kab. Jepara menggunakan program SPSS dan model persamaan struktural
(Structural Equation Model) AMOS versi 24 dalam proses analisis data untuk
menguji hipotesis dalam penelitian ini. Hasil perhitungan dari hipotesis yang
diajukan dalam penelitian ini menunjukkan pentingnya variabel-variabel seperti
Social Commerce Capability, Referral Marketing Communication Quality,
Market Penetration, Brand Exposure dalam mendorong kinerja pemasaran.
Variabel Referral Marketing Communication Quality yang diusulkan dalam
penelitian ini terbukti secara meyakinkan sebagai variabel mediasi yang berperan
penting dalam mengisi kesenjangan penelitian, dengan memperjelas hubungan
Social Commerce Capability dan kinerja pemasaran. Model penelitian ini
didasarkan pada konsep-konsep pemasaran yang relevan dan dapat memberikan
kontribusi baik secara teoritis maupun manajerial.
Keywords : | Social Commerce Capability, Referral Marketing Communication Quality, Market Penetration, Brand Exposure, marketing performance, Social Commerce Capability, Referral Marketing Communication Quality, Market Penetration, Brand Exposure, kinerja pemasaran |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (PhD) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | MOHAMAD RIFQY ROOSDHANI |
Date Deposited: | 08 Aug 2023 02:26 |
Last Modified: | 08 Aug 2023 02:42 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/13161 |