MUKTI, Khansania Adinda and SANTOSA, Suryono Budi,(12 September 2023), APLIKASI MODEL S-O-R PADA ANALISIS PENGARUH E-WOM MELALUI SOCIAL MEDIA INFLUENCER, CELEBRITY ENDORSEMENT, DAN CUSTOMER REVIEW TERHADAP MINAT BELI DENGAN BRAND IMAGE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus pada konsumen produk Erigo melalui S-commerce TikTok Shop). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (101kB)
Download (101kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (6MB)
Download (6MB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (6MB)
Download (6MB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (114kB)
Download (114kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (117kB)
Download (117kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Adanya perkembangan teknologi menimbulkan adanya tren pada masyarakat yaitu berupa berbelanja online, salah satu tren yang populer adalah belanja produk fashion melalui platform s-commerce TikTok Shop. Dengan tren belanja online tersebut beserta adanya keterbatasan yang dirasakan konsumen karena tidak dapat menilai produk secara langsung dan fisik, E-WOM telah menjadi sumber informasi utama bagi calon pelanggan. Ditambah dengan adanya persaingan yang ketat dalam pasar fashion brand lokal, banyak perusahaan berlomba-lomba dalam memanfaatkan E-WOM sebagai strategi upaya pemasaran pada s-commerce untuk dapat mempengaruhi perilaku pelanggan terutama minat beli. Selayaknya tujuan akhir pemasaran adalah untuk membantu perusahaan menghasilkan penjualan, pemanfaatan E-WOM pada s-commerce layaknya dipertimbangkan perusahaan untuk membentuk citra merek yang sebagai dampaknya dapat memengaruhi konsumen dan pada akhirnya, dapat menumbuhkan minat beli. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sekaligus membandingkan pengaruh E-WOM melalui Social Media Influencer, Celebrity Endorsement, dan Customer Review terhadap minat beli serta brand image menjadi variabel intervening untuk menganalisis hubungannya dengan teori model S-O-R (Stimulus-Organism-Response) pada produk Erigo melalui s-commerce TikTok Shop.
Penelitian ini diawali dengan melakukan pengembangan kerangka atau model penelitian S-O-R (Stimulus-Organism-Response) dengan variabel Social Media Influencer, Celebrity Endorsement, Customer Review, Brand Image, dan Minat Beli. Selanjutnya, Data diperoleh dari 135 responden dengan menyebarkan kuesioner melalui media sosial dan terdiri atas pertanyaan terbuka dan tertutup. Responden merupakan Konsumen Erigo di Indonesia yang memiliki akun TikTok dan telah mengenal merek Erigo sebelumnya. Kemudian, Data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif dan struktural menggunakan metode Structural Equaition Modelling (SEM) dengan menggunakan program Analysis Moment of Structural (AMOS) versi 23.
Dalam penelitian ini dihasilkan bahwa ketiga komunikan E-WOM berupa Social Media Influencer, Celebrity Endorsement, Customer Review memiliki pengaruh Positif signifikan terhadap Brand Image, begitu pula Brand Image memiliki pengaruh positif signfikan terhadap Minat Beli. Tak hanya itu tetapi ketiga komunikan E-WOM (Social Media Influencer, Celebrity Endorsement, Customer Review) tersebut juga terbukti memiliki pengaruh langsung terhadap Minat Beli. Diharapkan Implikasi Manajerial penelitian ini dapat dijadikan saran sebagai penentuan strategi komunikasi pemasaran Erigo melalui s-commerce TikTok.
Keywords : | Social Media Influencers, Celebrity Endorsement, Customer Review, Brand Image, Purchase Intention, Influenser Media Sosial, Dukungan Selebriti, Ulasan Pelanggan, Citra Merek, Minat Beli |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Khansania Adinda Mukti |
Date Deposited: | 26 Sep 2023 09:09 |
Last Modified: | 27 Sep 2023 04:28 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/13415 |