NABILA, Meutia and MAHFUDZ, Mahfudz,(25 October 2023), ANALISIS KOMPETENSI DAN KAPABILITAS PARTNERSHIP SALES AGENCY DALAM UPAYA MENINGKATKAN KINERJA BISNIS (Studi kasus IndiHome Witel Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (116kB)
Download (116kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (7kB)
Download (7kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (7kB)
Download (7kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (43kB)
Download (43kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (78kB)
Download (78kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Partnership merupakan salah satu strategi yang digunakan perusahaan untuk mendapatkan output yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk menambah pengetahuan tentang kompetensi dan kapabilitas partnership yang diperlukan untuk meningkatkan kinerja bisnis. Selain itu, studi ini mengidentifikasi hambatan-hambatan yang terjadi untuk mendapatkan kompetensi dan kapabilitas yang diperlukan.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini menggunakan wawancara mendalam semi terstruktur dan pembelajaran dokumentasi. Penelitian ini mengambil kasus di salah satu perusahaan telekomunikasi yang berada di Kota Semarang. Narasumber dalam penelitian ini adalah orang-orang yang terlibat secara langsung dalam pengawalan operasional bisnisnya, yakni manajer, asisten manajer, kepala kantor representatif, pemilik, supervisor, dan sales agent.
Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa karakteristik kompetensi yang diperlukan adalah karakteristik motif, skill, dan pengetahuan. Karakteristik yang paling sulit untuk dikembangkan adalah karakteristik motif. Jenis kompetensi yang diperlukan untuk meningkatkan kinerja bisnis diantaranya adalah orientasi pencapaian, membangun hubungan, teamwork, kemampuan teknikal, pengarahan strategi, pencarian informasi, dan orientasi layanan pelanggan. Kemudian, kapabilitas yang diperlukan oleh partner untuk meningkatkan kinerja bisnis perusahaan diantaranya adalah kemampuan teknikal, kemampuan manusiawi, dan kemampuan konseptual. Kriteria partnership yang diperlukan adalah kepatuhan prosedural, posisi finansial, alat bantu pelatihan, riwayat kinerja, dan jumlah bisnis di masa lalu. Untuk faktor daya saing yang dapat diterapkan terdiri dari system organisasi dan manajemen yang baik serta ketersediaan modal.
Keywords : | partnership, competency, capability, competitive advantage strategy, business performance, partnership, kompetensi, kapabilitas, strategi keunggulan bersaing, kinerja bisnis |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Mrs Meutia Nabila |
Date Deposited: | 01 Dec 2023 06:53 |
Last Modified: | 01 Dec 2023 07:22 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/13585 |