ANALISIS PENGARUH VISUAL APPEAL DAN PORTABILITY TERHADAP URGE TO BUY IMPULSIVELY: PERAN HEDONIC BROWSING DAN UTILITARIAN BROWSING SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Pembelian Produk Start-Up Skincare Somethinc Melalui Shopee di Kota Semarang)

ELYSHA, Chynthia Noura and BATU, Kardison Lumban,(16 February 2024), ANALISIS PENGARUH VISUAL APPEAL DAN PORTABILITY TERHADAP URGE TO BUY IMPULSIVELY: PERAN HEDONIC BROWSING DAN UTILITARIAN BROWSING SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Pembelian Produk Start-Up Skincare Somethinc Melalui Shopee di Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (4MB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (4MB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (4MB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (4MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (4MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini fokus pada pengaruh daya tarik visual (visual appeal) dan portabilitas (portability) terhadap perilaku dorongan pembelian impulsif (urge to buy impulsively) dalam pembelian produk start-up skincare Somethinc melalui platform e-commerce Shopee di Kota Semarang. Melibatkan 248 responden, penelitian menggunakan kuesioner daring dan langsung sebagai instrumen pengumpulan data. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan struktural dengan metode Structural Equation Modelling (SEM) melalui program AMOS 26. Hasil analisis Confirmatory Factor Analysis (CFA) menunjukkan bahwa daya tarik visual (visual appeal) memiliki hubungan yang signifikan dengan penelurusan hedonis (hedonic browsing), tetapi portabilitas (portability) tidak memiliki hubungan signifikan terhadap penelusuran hedonis (hedonic browsing). Namun, portabilitas (portability) memiliki hubungan signifikan terhadap penelusuran utilitarian (utilitarian browsing), sedangkan daya tarik visual (visual appeal) tidak memiliki hubungan signifikan terhadap penelusuran utilitarian (utilitarian browsing). Selanjutnya, penelusuran hedonis (hedonic browsing) ditunjukkan positif dan signifikan memengaruhi dorongan pembelian impulsif (urge to buy impulsively), sementara penelusuran utilitarian (utilitarian browsing) memiliki dampak negatif dan signifikan terhadap dorongan pembelian impulsif (urge to buy impulsively). Temuan ini memberikan kontribusi penting untuk pemahaman faktor-faktor yang memengaruhi perilaku belanja impulsif dalam konteks pembelian produk skincare melalui platform Shopee. Implikasi dari penelitian ini dapat membantu pelaku bisnis e-commerce, terutama start-up skincare, dalam merancang strategi yang lebih efektif terkait daya tarik visual (visual appeal) dan portabilitas (portability) untuk meningkatkan pengalaman belanja konsumen serta mengelola perilaku belanja impulsif.
Keywords : Visual Appeal, Portability, Hedonic Browsing, Utilitarian Browsing, Urge to Buy Impulsively, Skincare, Shopee, Somethinc, E-commerce., Daya Tarik Visual, Portabilitas, Penelusuran Hedonis, Penelusuran Utilitarian, Dorongan Pembelian Impulsif, Perawatan Kulit, Shopee, Somethinc, Perdagangan Elektronik.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Chynthia Noura Elysha
Date Deposited: 14 Mar 2024 01:56
Last Modified: 14 Mar 2024 01:56
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/13969

Actions (login required)

View Item
View Item