PENGARUH PEMASARAN HIJAU, PEMASARAN SOSIAL PERUSAHAAN, DAN KEINOVATIFAN PRODUK HIJAU TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN CITRA MEREK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI PRODUK LE MINERALE DI KOTA SEMARANG)

PUTRI, Razki Syafta Aulia and SOESANTO, Harry,(7 March 2024), PENGARUH PEMASARAN HIJAU, PEMASARAN SOSIAL PERUSAHAAN, DAN KEINOVATIFAN PRODUK HIJAU TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN CITRA MEREK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI PRODUK LE MINERALE DI KOTA SEMARANG). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (4MB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (4MB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (4MB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (4MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (4MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Dalam beberapa dekade terakhir, terjadi pertumbuhan yang signifikan dalam pasar global makanan kemasan, mencapai nilai $1,9 triliun pada tahun 2020 dan diestimasi akan mencapai $3,4 triliun pada tahun 2030. Plastik, yang menjadi dominan dalam kemasan makanan, berkontribusi sekitar 40% dari total penggunaan plastik global. Le Minerale, merek air mineral yang berkomitmen pada praktik berkelanjutan, mengadopsi inovasi pemasaran hijau dengan menggunakan bahan kemasan yang dapat didaur ulang, menyediakan tempat daur ulang, dan meluncurkan galon bebas BPA, berperan dalam solusi global untuk mengurangi dampak lingkungan dari keasan plastik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemasaran hijau, pemasaran sosial perusahaan, dan keinovatifan produk hijau terhadap keputusan pembelian dengan citra merek sebagai variabel intervening. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 173 warga berdomisili Kota Semarang yang pernah mengonsumsi produk Le Minerale. Metode penelitian ini menggunakan analisis Structural Equation Model (SEM) dengan AMOS sebagai alat pengolahan data. Hasil uji menemukan bahwa pemasaran hijau berpengaruh positif terhadap citra merek, pemasaran hijau berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, pemasaran sosial perusahaan berpengaruh positif terhadap citra merek, pemasaran sosial perusahaan berpengaruh terhadap positif keputusan pembelian, keinovatifan produk hijau berpengaruh positif terhadap citra merek, dan keinovatifan produk hijau berpengaruh negatif terhadap keputusan pembelian. Hasil AMOS menunjukan bahwa pemasaran hijau memiliki pengaruh tidak langsung terhadap keputusan pembelian melalui citra merek, pemasaran sosial perusahaan memiliki pengaruh tidak langsung terhadap keputusan pembelian melalui citra merek, dan keinovatifan produk hijau memiliki pengaruh tidak langsung terhadap keputusan pembelian melalui citra merek.
Keywords : Green Marketing, Corporate Social Marketing, Green Product Innovation, Brand Image, Purchasing Decisions, Pemasaran Hijau, Pemasaran Sosial Perusahaan, Keinovatifan Produk Hijau, Citra Merek, Keputusan Pembelian
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Razki Syafta Aulia Putri
Date Deposited: 26 Mar 2024 01:49
Last Modified: 26 Mar 2024 01:49
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14018

Actions (login required)

View Item
View Item