NEGARA, Adam Satya and MAHFUDZ, Mahfudz,(19 March 2024), PENGARUH EMPATHY, RESPONSIVENESS, DAN ACCESSIBILITY TERHADAP KEPUASAN PEMOHON DENGAN PROFESSIONALISM SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surakarta). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (2MB)
Download (2MB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (2MB)
Download (2MB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (2MB)
Download (2MB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (2MB)
Download (2MB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (2MB)
Download (2MB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Pelayanan publik yang efektif dan memuaskan di sektor pemerintahan
memiliki peran krusial dalam membangun kepercayaan masyarakat terhadap
pemerintah dan dapat meningkatkan kualitas hidup warga negara. Meskipun ada
penelitian sebelumnya yang mengkaji pengaruh variabel-variabel ini secara
terpisah, penelitian yang lebih komprehensif tentang bagaimana variabel-variabel
yang berinteraksi dalam konteks pelayanan publik pemerintah, masih sangat
diperlukan penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki dan menganalisis hubungan
antara empati, responsivitas, dan aksesibilitas terhadap kepuasan pemohon dalam
pelayanan
publik
pemerintahan,
dengan
profesionalisme sebagai variabel intervening.
mempertimbangkan
peran
Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 110 orang yang bekerja di
bidang administrasi pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota
Surakarta, dengan margin of error 10% (10 responden). Dalam penelitian ini,
kuesioner digunakan dengan dua jenis pertanyaan: pertanyaan tertutup dan
terbuka. Pendekatan analisis data kuantitatif yang digunakan dalam penelitian ini
ialah Structural Equation Model (SEM) dengan software AMOS versi 24.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa responsiveness, accessibility dan
empathy memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap profesisonalism,
sedangkan professionalism, responsiveness, empathy dan accessibility memiliki
pengaruh positif yang signifikan terhadap kepuasan pemohon. Implikasi dari hasil
penelitian menunjukan bahwa Accesbility memiliki pengaruh langsung terhadap
professionalism dan kepuasan pemohon, terdapat pengaruh tidak langsung yaitu
melalui variabel professionalism dengan accesbility, responsiveness, dan empathy
terhadap kepuasan pemohon.
Keywords : | Empathy, Professionalism, Responsiveness, Accessibility, Kepuasan pemohon, Empathy, Professionalism, Responsiveness, Accessibility, Kepuasan Pemohon |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Adam Satya Negara |
Date Deposited: | 26 Mar 2024 06:34 |
Last Modified: | 26 Mar 2024 06:34 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14025 |